Menjadikan Semua Bangsa Murid Tuhan adalah Tugas Kita Bersama
Kalangan Sendiri

Menjadikan Semua Bangsa Murid Tuhan adalah Tugas Kita Bersama

Dwi Agus Priono Contributor
      974

Matius 28: 19-20

"Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

 

Bacaan setahun : Mazmur 147; Yohanes 7; 2 Samuel 21-22

Jika ada seseorang yang memberikan wasiat sebelum meninggal, pasti hal yang disampaikan dalam wasiat tersebut adalah hal yang sangat penting. Tidak mungkin sebuah wasiat berisikan hal-hal yang tidak penting.

Demikian juga Tuhan Yesus, sebelum meninggalkan murid-murid-Nya dan naik ke sorga, memberikan sebuah wasiat atau perintah yang sangat penting. Perintah tersebut berkaitan dengan kelangsungan misi-Nya di dunia ini. Apakah perintah itu? Menjadikan semua bangsa murid Tuhan. Sekarang perintah ini disebut Amanat Agung, sebuah perintah agung dari Tuhan yang Agung dan untuk tujuan yang agung.

Dalam Matius 28:19-20 terdapat empat kata kerja: satu kata kerja utama yaitu matheteusate (jadikan murid). Sedangkan tiga kata kerja lainnya: pergi, baptis, dan ajar adalah kata kerja bantu. Ini berarti kita diberi perintah untuk menjadikan semua bangsa (suku bangsa) murid Tuhan, dengan cara pergi, ajar, dan baptis.

Saudara, perintah ini tidak hanya diberikan kepada 12 murid Tuhan, melainkan kepada semua orang yang percaya kepada-Nya, termasuk kita. Kita mendapat kehormatan untuk menjadi duta-Nya bagi keselamatan bangsa-bangsa. Memang tidak mudah, namun kita bersyukur karena Dia, sang pemilik kuasa di sorga dan di bumi (Matius 19: 18), berjanji untuk menyertai kita sampai kepada akhir zaman (ayat 20). Benarlah perkataan ini: gereja ada karena misi, dan gereja ada untuk misi.

Mari kita sediakan diri kita, dengan sepenuh hati, untuk melaksanakan Amanat Agung-Nya, dengan terlibat dalam misi menjadikan semua bangsa murid Tuhan.

Jika Saudara mendapat berkat dari renungan ini, mari bagikan kepada rekan-rekan kita dan selesaikan tugas yang Tuhan Yesus berikan. Puji Tuhan.

 

Renungan ini dibuat oleh Dwi Agus Priono.

Ikuti Kami