Apakah Alkitab Berbicara tentang Berkabung dan Kehilangan Orang yang Dicintai?

Kata Alkitab / 22 April 2022

Apakah Alkitab Berbicara tentang Berkabung dan Kehilangan Orang yang Dicintai?

Aprita L Ekanaru Official Writer
1027

Berduka atas kematian orang yang dicintai memang menyakitkan. Tetapi ketika Anda sedang berduka, Tuhan sendiri yang akan hadir menghibur Anda.

Di dalam Alkitab, Anda dapat melihat ayat-ayat mengakui realitas kesedihan dan rasa sakitnya. Namun, firman Tuhan juga menawarkan sebuah harapan. Banyak tokoh do dalam Alkitab, termasuk Yesusmenderita kesedihan yang mendalam serelah orang-orang yang mereka kasihi meninggal. Alkitab menggambarkan kesedihan mereka, sekaligus belas kahihan yang Allah miliki atas mereka.

Mazmur 34:18 menyatakan, “Tuhan itu dekat kepada orang yang patah hati dan menyelamatkan orang yang remuk jiwanya”. Alkitab mendorong Anda, bahwa Tuhan selalu hadir bersama Anda dan selalu mengasihi Anda. Tuhan peduli dengan duka yang Anda alami dan ingin membantu Anda melewatinya.

Anda dapat berpegang pada harapan bahwa saat Anda sedang berduka, Tuhan akan menghibur Anda. Yesus meyakinkan Anda dalam Matius 5:4, “Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.” Tuhan tidak hanya akan memberi Anda penghiburan, Dia bahkan akan memberi Anda sukacita.

Dalam Yohanes 16:22, Yesus berjanji, “Demikian jugalah kamu: Sekarang adalah waktu dukacitamu, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan kamu akan bersukacita, dan tidak ada yang akan mengambil sukacitamu.” Sukacita itu mungkin bahkan di tengah kesedihan yang menyakitkan, karena sukacita tidak bergantung pada keadaan yang baik, seperti halnya kebahagiaan. Anda dapat mengalami sukacita dalam segala keadaan, bahkan di saat-saat sulit. Anda juga dapat menantikan sukacita bergabung dengan Yesus di surga pada akhir kehidupan duniawi Anda jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan-Nya.

 

BACA JUGA:

25 Ayat Alkitab yang Menguatkan Kamu di Masa Sulit

 

Ayat-ayat Alkitab tentang berkabung juga menunjukkan harapan abadi bagi setiap orang yang memiliki hubungan yang baik dengan Yesus setelah mereka meninggal. Seperti dikatakan dalam 1 Tesalonika 4:13-18, “Saudara-saudara, kami tidak ingin kamu mengetahui tentang mereka yang tidur dalam kematian, sehingga kamu tidak berdukacita seperti manusia lainnya, yang tidak memiliki harapan. Karena kami percaya bahwa Yesus telah mati dan bangkit kembali, dan karena itu kami percaya bahwa Allah akan membawa serta Yesus mereka yang telah meninggal di dalam Dia.”

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami