Fakta Alkitab: Nabi Ini Murka & Menyerang Anak-anak Karena Dihina, Bagaimana Nasib Mereka?

Fakta Alkitab / 5 April 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Nabi Ini Murka & Menyerang Anak-anak Karena Dihina, Bagaimana Nasib Mereka?

Claudia Jessica Official Writer
921

Reaksi Will Smith menampar Chris Rock di ajang Oscar 2022 lalu viral di sosial media. Kejadian ini dipicu oleh candaan Chris Rock tentang kebotakan istri Will Smith, yaitu Jada Pinkett Smith.

Topik kebotakan Jada menjadi hal sensitif bagi Will karena kerontokan rambut sang istri disebabkan penyakit autoimun yang dideritanya.

Di Alkitab juga ada seorang nabi yang marah karena diejek botak oleh segerombolan anak-anak. Bahkan karena kemarahannya, sesuatu yang sangat mengerikan terjadi.

Siapakah nabi ini, dan seperti apa nasib anak-anak yang menghinanya? Lalu bagaimana sebaiknya kita meresponi hinaan atau tindakan tidak menyenangkan?

 

Nabi yang marah karena dihina

Siapa yang tidak marah dan terluka saat dihina, bahkan ketika hinaan itu dilontarkan kepada orang-orang yang kita kasihi. Marah karena dihina adalah reaksi yang manusiawi, bahkan seorang nabi sekalipun.

Itulah yang dirasakan Nabi Elisa, ketika ia dihina oleh anak-anak dari kota Bethel. Kejadian ini ditulis di 2 Raja-raja 2:23-24.

Elisa pergi dari sana ke Betel. Dan sedang ia mendaki, maka keluarlah anak-anak dari kota itu, lalu mencemoohkan dia serta berseru kepadanya: “Naiklah botak, naiklah botak!”

Lalu berpalinglah ia ke belakang, dan ketika ia melihat mereka, dikutuknyalah mereka demi nama TUHAN. Maka keluarlah dua ekor beruang dari hutan, lalu mencabik-cabik dari mereka empat puluh dua orang anak.

Mengerikan bukan? 42 anak tewas karena mereka menghina seorang nabi. Hal itu terjadi karena respon Elisa yang marah, dan mengutuk anak-anak tersebut.

 

BACA JUGA: Gali Lebih Dalam Tentang Alopecia, Penyakit yang Diderita Jada Smith, Istri Will Smith 

 

Daud dihina oleh istrinya, Mikhal

Tokoh lain yang pernah mengalami penghinaan adalah Daud. Yang menghina Daud saat itu adalah istri Daud sendiri, Mikhal. Ia melihat Daud yang saat itu telah menjadi raja, menari-nari di jalan menyambut kedatangan Tabut Allah (2 Samuel 6:14-23).

Walau direndahkan oleh isterinya, namun Daud tidak bereaksi dengan kemarahan. Ia dengan tegas menyatakan bahwa ia melakukan hal tersebut untuk Tuhan.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami