Heboh Di Media Sosial, Istri Will Smith Berjuang Melawan Penyakit Alopecia

Health / 28 March 2022

Heboh Di Media Sosial, Istri Will Smith Berjuang Melawan Penyakit Alopecia

Aprita L Ekanaru Official Writer
462

Jada Pinkett Smith menjadi perbincangan setelah terjadi insiden mengejutkan di Oscar 2022. Will Smith, suami Jada melayangkan tamparan keras ke wajah Chris Rock pemandu The Oscars di atas panggung, pada Minggu (28/03/22).

Pasalnya saat itu Chris Rock membuat gurauan tentang Jada, ia menyinggung penampilah istri Will Smith yang hadir dengan mencukur habis rambutnya. Padahal Jada sedang berjuang dengan alopecia, penyakit autoimun yang menyebabkan rambutnya menjadi rontok. Kejadian ini banyak menuai pro dan kontra di media sosial, sampai menjadi trending topic hari ini.

 

BACA JUGA: Tampar Chris Rock di Oscar 2022, Will Smith Menangis...

 

"Kalian tahu bahwa aku selama ini berjuang dengan alopecia. Dan lihatlah kini, semuanya terlihat. Dan ini akan lebih sulit bagiku untuk disembunyikan. Jadi, aku berpikir untuk membagikannya sehingga kalian tidak bertanya-tanya lagi," ujar Jada.

Jadi apa itu Alopecia?

Alopecia adalah istilah umum untuk rambut rontok dengan kerontokan yang tidak normal. Dilansir dari website Alopecia UK, Alopecia sendiri memiliki beberapa jenis, yakni:

1. Alopecia Areata

Alopecia areata dianggap sebagai kondisi autoimun, yang sering dimulai dengan kerontokan rambut yang terisolasi, biasanya pada satu atau lebih bercak berukuran koin (biasanya bulat atau oval) di kulit kepala dan/atau di seluruh tubuh termasuk janggut, alis, bulu mata dan rambut seluruh tubuh.

2. Androgenetic Alopecia

Pada kondisi ini, rambut di kulit kepala tumbuh dalam menjumbai, biasanya 3-4 helai rambut. Pada Androgenetic Alopecia, jumbai rambut menyusut secara bertahap, sehingga jumlah rambut di setiap jumbai berkurang (ini disebut 'miniaturisasi'). Akhirnya, ketika semua rambut di rumbai hilang, kulit kepala muncul di antara rambut. 

3. Central Centrifugal Cicatricial Alopecia

Central Centrifugal Cicatricial Alopecia (CCCA) adalah bentuk jaringan parut alopecia, yang dimulai di bagian tengah kulit kepala.

4. Kemoterapi-Induced Alopecia

Obat kemoterapi adalah obat kuat yang menyerang sel kanker yang tumbuh dengan cepat. Obat-obatan ini juga menyerang sel-sel lain yang tumbuh dengan cepat di tubuh Anda, termasuk di akar rambut Anda. Rambut biasanya mulai rontok dua sampai empat minggu setelah memulai kemoterapi.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Alopecia UK
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami