6 Kehidupan Rohani yang Harus Tercermin Dari Sosok Pemimpin Komsel

Kata Alkitab / 30 March 2022

Kalangan Sendiri

6 Kehidupan Rohani yang Harus Tercermin Dari Sosok Pemimpin Komsel

Lori Official Writer
1171

Menjadi seorang pemimpin kelompok sel (komsel) bukanlah tugas yang mudah. Karena sebelum memuridkan orang lain, dia harus memastikan dirinya bisa menjadi teladan bagi orang yang akan dia muridkan. 

Mari kembali sejenak kepada masa-masa pelayanan Yesus, dimana Dia mulai memuridkan 12 orang itu. Seperti ditulis dalam Matius 4: 19, “Yesus memanggil murid-murid yang pertama dan berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.”

Yesus baru akan memuridkan ketika Dia akan memulai pelayanan-Nya. Meskipun pengetahuan dan cara hidupnya sejak kecil layak dihadapan Allah namun Dia baru terjun untuk melayani ketika usianya mencapai 30 tahun. Dan hasilnya, Yesus mempengaruhi hidup ribuan orang pada masanya.

Kualitas apa yang dimiliki Yesus sebagai seorang pemimpin? Tentu saja Dia memberikan teladan akan banyak hal, termasuk teladan bersekutu dan berdoa dengan Bapa-Nya setiap hari. Selain itu Dia juga bertindak dengan kasih yang tak biasa dimana orang Yahudi menjalani kehidupannya hanya sebatas mengikuti aturan Hukum Taurat.

 

Baca Juga: 

8 Alasan Kenapa Kita Perlu Tergabung Dalam Komunitas Orang Percaya (1/2)

8 Alasan Kenapa Kita Perlu Tergabung Dalam Komunitas Orang Percaya (2/2)

 

Jika Anda adalah seorang pemimpin gereja atau komsel, mungkin Anda kerap bertanya-tanya kenapa Anda sulit sekali mengembalakan atau memuridkan orang-orang di bawah Anda. Atau dalam kondisi yang kurang baik, Anda mungkin bertanya kenapa orang-orang yang Anda pimpin tidak juga menunjukkan pertumbuhan.

Ada 6 kehidupan rohani yang harus tercermin melalui kehidupan pemimpin komsel.

1. Membangun hubungan dengan Tuhan setiap hari

Kehidupan seorang pemimpin komsel yang sehat dimulai dan diakhiri bersama Tuhan. Hanya Tuhan yang bisa memberikan keberhasilan dalam kepemimpinan.

Perlu Anda ketahui bahwa seorang pemimpin komsel yang mengandalkan kuasa dan kasih Tuhan akan sangat mudah diterima oleh orang lain. Karena mereka melihat bahwa tindakan itu berasal dari kasih Tuhan sendiri. 

Jangan pernah meninggalkan waktu renungan Anda bersama Tuhan, tanpa membangun koneksi dengan-Nya dan tanpa merasakan hadirat-Nya. 

“Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik.” (Mazmur 84: 10)

 

2. Memiliki kehidupan yang seimbang

Bukan fiksi tetapi realita. Ada banyak pemimpin gereja atau komsel yang tampaknya sukses di dalam pelayanannya namun di kehidupan pribadi hubungannya dengan orang terdekat sedang bermasalah. 

Ada pemimpin kecil yang memilih melayanan siang dan malam dan lupa jika dia punya keluarga yang harus diurus. Tentu saja ini tindakan yang keliru. Karena keluarga adalah pelayanan pertama yang harus dibangun sebelum keluar untuk melayani orang lain.

Jadi, seorang pemimpin komsel sudah seharusnya menghidupi pelayanan yang seimbang antara keluarga dan pelayanannya.

 

Baca Juga:

Biar Jadi Youth Leader yang Keren, Kamu Perlu Miliki 5 Hal Ini

Lakukan 6 Hal Ini Supaya Setiap Anggota Komunitas Gereja Bertumbuh Secara Rohani

 

3. Memiliki visi yang besar

Seorang pemimpin komsel harus memiliki visi atas orang-orang yang dia pimpin. 

Mari merenungkan kisah dua pemimpin gereja besar ini: George Whitefield dan John Wesley. Mereka sama-sama mendedikasikan hidup mereka untuk membangun komsel di Universitas Oxford. Keduanya menyaksikan ribuan orang bertobat melalui pelayanan mereka.

Tetapi John Wesley kemudian meninggalkan gereja dengan 100.000 anggot. Sementara George Whitefield hanya menghasilkan sedikit buah nyata dari pelayanannya. Kenapa? Karena Wesley memilih untuk keluar dari mimbar khotbah dan mulai meregenerasikan pemimpin komsel yang dipimpinnya. Sementara Whitefield terlalu sibuk berkhotbah dan mengerjakan pelayanan.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Churchleaders.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami