Lakukan 6 Hal Ini Supaya Setiap Anggota Komunitas Gereja Bertumbuh Secara Rohani

Kata Alkitab / 14 March 2022

Kalangan Sendiri

Lakukan 6 Hal Ini Supaya Setiap Anggota Komunitas Gereja Bertumbuh Secara Rohani

Lori Official Writer
1379

Setiap gereja memiliki cara menjalankan komunitasnya. Ada yang dilakukan sekasual mungkin, seperti kebiasaan hang out bersama keluar dan saling berbagi kondisi. Ada juga yang lebih serius seperti berkumpul dan melakukan ibadah penyembahan dan penggalian firman. Ada juga yang melakukannya dengan rutinitas berbagi firman setiap hari. 

Pokoknya ada banyak cara yang dilakukan setiap gereja maupun komunitas gereja untuk tetap terkoneksi dengan anggota-anggotanya.

Tentu saja kita berharap setiap anggota bisa bertumbuh dengan baik. Bukan saja hanya memenuhi waktu bertemu, tetapi juga memberikan setiap anggota makanan rohani yang cukup sesuai dengan kebutuhannya.

Satu-satunya teladan komunitas yang berbuah bisa kita lihat ketika Yesus memimpin 12 muridNya. Saat seorang leader memimpin satu komunitas atau kelompok sel itu artinya dia memiliki impian akan komunitas tersebut. Salah satunya adalah supaya setiap anggota bertumbuh di dalam tubuh dan hidup menghasilkan buah.

Dalam Yohanes 17: 22-23, Yesus berdoa supaya murid-murid-Nya ‘menjadi satu sama seperti kita adalah satu’. Karena itu penting bagi semua anggota bisa saling membangun dan bertumbuh menjadi tubuh Kristus yang utuh.

 

Baca Juga: 

8 Alasan Kenapa Kita Perlu Tergabung Dalam Komunitas Orang Percaya (1/2)

8 Alasan Kenapa Kita Perlu Tergabung Dalam Komunitas Orang Percaya (2/2)

 

6 hal inilah yang perlu dilakukan untuk memastikan semua anggota komunitas gereja bertumbuh.

1. Tumbuhkan rasa saling peduli satu sama lain

1 Korintus 12: 24-25 berkata, “Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus, supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan.”

Salah satu tujuan pertama kita sebagai leader di komunitas adalah menyaksikan anggota kelompok kita saling peduli. Namun saat kita berasal dari latar belakang kehidupan dan pengalaman hidup yang berbeda, kita mungkin akan cenderung menunjukkan kepedulian dengan cara yang berbeda.

Paulus memakai analogi organ tubuh kita untuk menggambarkan bagaimana tubuh Kristus saling berkerja sama. Kita memerlukan semua orang untuk saling bekerja dan memandang diri mereka sebagai bagian dari satu tubuh yang saling mendukung. 

Jadi setiap anggota punya peran masing-masing. Karena itulah kita perlu saling menjaga dan memperhatikan.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami