Ini Lho Tema Paskah 2022 dari PGI dan Persiapannya…

News / 19 March 2022

Kalangan Sendiri

Ini Lho Tema Paskah 2022 dari PGI dan Persiapannya…

Lori Official Writer
7874

Saat ini umat Kristiani tengah bersiap menyambut perayaan Paskah yang akan jatuh pada Minggu, 17 April 2022. 

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, gereja-gereja di Indonesia akan mengikuti tema Paskah yang ditetapkan oleh Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), yang mana telah dipublikasikan lebih dulu melalui laman websitenya.

Dalam sebuah banner pengumuman, PGI mencantumkan tema paskah 2022 berjudul “Tak Terpisahkan dari Kasih Allah”. 

Tema ini sendiri dikutip dari ayat Roma 8: 38-39 yang isi lengkapnya, “Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.”

 

Baca Juga:

Pesan Paskah Dari PGI Bagi Umat Kristen di Indonesia

Sambut Paskah 2022, Jemaat Gereja Talaud Semangat Buat Taman Paskah dan Lampu Hias Ini

 

Menariknya, banner tema paskah 2022 ini dilatari oleh lukisan aktivitas gotong royong masyarakat dimana sejumlah pria tengah membangun rumah adat masyarakat Sabu Raijua di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sementara sejumlah wanita menyediakan hidangan di halaman terbuka.

Seperti diketahui, latar ini dibuat khusus oleh seorang pelukis asal Sabu bernama EfraimDjara Dima yang berprofesi sebagai guru bahasa Inggris di salah satu sekolah di Kupang. Dia juga dikenal sebagai salah satu jemaat GMIT Syalom Airnon, Kupang.

Latar tema Paskah 2022 ini dipilih PGI sebagai pengingat akan bencana Siklon Seroja di Pulau Sabu dan pulau lainnya, yang menyebabkan korban jiwa dan kerusakan besar pada 5 April 2021 silam. Tahun ini PGI tampaknya memfokuskan tema tersebut untuk mengingatkan pentingnya rasa persaudaraan dan sikap gotong royong untuk kembali membangun semua infrastruktur yang hancur akibat bencana selama setahun belakangan.

 

Baca Juga: 

Apa Sih Makna Sebenarnya Dari Jumat Agung dan Gimana Perayaannya?

12 Ayat Alkitab Tentang Paskah yang Perlu Diketahui Anak

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Pembentukan Panitia Paskah 2022

Menyusul diterbitkannya tema Paskah 2022 oleh PGI, pemerintah juga turut membentuk panitia Paskah Nasional 2022 belum lama ini. Seperti diketahui Paskah Nasional 2022 tahun ini akan dipusatkan di sekitar Patung Monumen Yesus Memberkati, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Adapun jajaran panitia pelaksana Paskah 2022 terdiri dari Ketua Umum Dr. Jan S Maringka SH. MH, Ketua Pdt. Dr. Arnold Abas, Spen T Bawangun ST. MM, Ir. Moody R Gumansalingi ME, Gustaf ATang STP MM, Sekretaris Umum Jemmy Mokolensang, SH, Bendahara Umum dr. Roland Roeroe dan sederet anggota lainnya.

 

Waktu Pelaksanaan Paskah 2022

Sebagaimana diumumkan, pemerintah telah menetapkan pelaksanaan Paskah 2022 pada 17 April 2022. Jadwal ini bergeser lebih cepat dari jadwal yang sebelumnya pada 23 April 2022. 

 

Baca Juga: Aneka Ragam Makanan Tradisional Paskah Dari Berbagai Negara, Mana yang Paling Enak?

 

Sebagai sambutan, panitia Paskah akan mengadakan launching di Pulau Miangas pada 1 April 2022. Kemudian akan dilanjutkan dengan pawai Paskah (Jalan Salib), lomba lampion dan ornamen Paskah. Panitia juga telah mempersiapkan seminar atau symposium dengan tema “Paskah dan Semangat Kebangsaan (Nasionalisme) di Perbatasan”. 

Adapun tokoh-tokoh penting negara yang akan menghadiri perayaan Paskah ini diantaranya orang nomor satu RI Presiden Joko Widodo, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menkumham RI Prof. Yasona Laoli, Menag Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Tak ketinggalan Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom dan sederet pemimpin gereja lainnya juga akan turut hadir dalam perayaan akbar ini.

Sementara hingga saat ini, panitia pelaksana masih akan terus berkoordinasi dengan Menteri Agama dan Menko Kemaritiman dan Investasi untuk membicarakan pelaksanaan Paskah 2022 ini di Kepulauan Talaud. 

Mari doakan dan meriahkan perayaan Paskah 2022 ini supaya berjalan dengan baik dan menjadi momentum bagi seluruh umat Kristiani di Indonesia kembali diingatkan akan pengorbanan Yesus di kayu salib sebagai pedoman hidup sebagai saudara sebangsa.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami