Fakta Alkitab: Peristiwa dan Perayaan yang Terjadi Sebelum Paskah
Sumber: jawaban channel

Fakta Alkitab / 15 March 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Peristiwa dan Perayaan yang Terjadi Sebelum Paskah

Claudia Jessica Official Writer
4990

2. Minggu Palma

Minggu Palma adalah hari peringatan dalam liturgi gereja yang selalu jatuh pada hari Minggu sebelum Paskah. Perayaan ini merujuk kepada peristiwa yang dicatat pada empat Injil, yaitu Markus 11:1-11, Matius 21:1-11, Lukas 19:28-44 dan Yohanes 12:12-19. Perayaan ini mengenang peristiwa masuknya Yesus ke kota Yerusalem sebelum Ia disalibkan. Penggunaan palem merujuk pada penyambutan Yesus ketika ia melewati jalan-jalan di kota tersebut, dimana banyak orang melemparkan jubah dan ranting-ranting palem yang diambil dari ladang untuk menyambut Yesus (Yoh. 12:13). Selain peristiwa tersebut Minggu Palma juga menjadi masa untuk mengenang kesengsaraan Yesus. Oleh karena itu, Minggu Palma juga disebut sebagai Minggu Sengsara.

 

BACA JUGA: Prapaskah 2022, Inilah 5 Fakta yang Wajib Diketahui Orang Kristen

 

3. Pekan Suci atau Minggu Suci, yang disebut juga sebagai Minggu Sengsara

Minggu sengsara adalah satu pekan sejak Minggu Palma hingga Sabtu Suci, yang kemudian diikuti dengan hari Paskah yang jatuh pada hari Minggu. Terdapat 3 peristiwa perayaan penting dalam Pekan Suci ini yang disebut Trihari Suci, yakni Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Suci.

 

4. Kamis Putih

Kamis Putih adalah hari Kamis sebelum Paskah yang masuk dalam Pekan Suci dimana umat Kristen mempunyai tradisi untuk memperingati perjamuan malam terakhir yang dipimpin Yesus. Dalam Kamis putih dilakukan perjamuan Kudus sebagai puncak ekaristi. Beberapa gereja lainnya juga mengadakan pembasuhan kaki dalam merayakannya.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami