Fakta Alkitab: Peristiwa dan Perayaan yang Terjadi Sebelum Paskah
Sumber: jawaban channel

Fakta Alkitab / 15 March 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Peristiwa dan Perayaan yang Terjadi Sebelum Paskah

Claudia Jessica Official Writer
4800

5. Jumat Agung

Jumat Agung adalah hari peringatan penyaliban dan wafatnya Yesus Kristus di Golgota untuk menebus dosa umat manusia agar bisa memperoleh kehidupan yang kekal. Dalam 1 Korintus 15: 3 tertulis bahwa wafatnya Yesus merupakan bagian terpenting akan perjalanan hidupNya. Jumat Agung menjadi hari ketika murka dan belas kasihan bertemu di kayu salib. Peringatan Jumat Agung dilakukan di Gereja dengan mengadakan kebaktian, membaca Alkitab, mendengarkan khotbah, berdoa dan menyanyikan hymne.

 

6. Sabtu Suci

Sabtu Suci adalah hari setelah Jumat Agung dan sebelum Minggu Paskah. Sabtu Suci menjadi bagian akhir dalam Pekan Suci yang dirayakan oleh orang Kristen sebagai persiapan perayaan Paskah. Makna dari perayaan ini untuk memperingati tubuh Kristus yang dibaringkan dikubur setelah Dia disalibkan pada Jumat Agung. Di malam Sabtu Suci setelah matahari terbenam, akan diadakan Ibadah Malam Paskah. Kebaktian ini merupakan kebaktian yang terpenting di dalam kalender liturgi Gereja Katolik Roma, Gereja Anglikan, dan gereja-gereja Ortodoks.

 

Itulah beberapa perayaan dalam Prapaskah yang memiliki keterkaitan dengan peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam Alkitab.

Seperti pada tahun yang lalu, masa Prapaskah di tahun ini masih dalam keadaan prihatin karena wabah virus c-19. Tidak hanya itu, dunia juga tengah diguncang dengan pecahnya perang antara Rusia dan Ukraina yang menimbulkan banyak korban jiwa dan ratusan ribu orang mengungsi.

Masa prapaskah ini menjadi waktu yang tepat bagi kita untuk membawa hal-hal tadi dalam doa dan perenungan kita. Menjadi doa kita bersama agar kiranya pandemi dan perang antara Rusia dan Ukraina segera teratasi serta damai terjadi atas bangsa-bangsa.

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami