Fakta Alkitab: Peristiwa dan Perayaan yang Terjadi Sebelum Paskah

Fakta Alkitab / 15 March 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Peristiwa dan Perayaan yang Terjadi Sebelum Paskah

Claudia Jessica Official Writer
1494

Tahukah Anda bahwa Rabu Abu, Kamis Putih dan Sabtu Suci merupakan serangkaian perayaan menuju Paskah? Lantas apakah ada perayaan lain yang dilakukan umat Kristen sebelum memasuki hari kebangkitan Kristus? Terlebih lagi, apa makna di balik perayaan tersebut ya? Mari kita bahas satu per satu!

 

Lima Perayaan Umum dalam Kalender Liturgi

Tahun Gereja atau yang disebut juga sebagai Kalender Liturgi, adalah siklus masa liturgi atau sebuah susunan ibadah gereja-gereja dalam menentukan hari-hari peringatan tertentu untuk dirayakan. Kalender Liturgi memiliki keterkaitan dengan peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam Alkitab. Hari-hari raya dalam liturgi gereja memiliki perbedaan tanggal antara gereja Timur dan gereja Barat. Meski demikian inti dari perayaannya tetaplah sama.

Gereja di Indonesia sendiri kebanyakan digolongkan sebagai gereja Barat, dan Kalender Liturgi ini pun tidak semuanya dirayakan oleh seluruh denominasi yang ada.

Kalangan Protestan di Indonesia kebanyakan hanya merayakan 5 hari raya seperti Natal (kelahiran Yesus), Jumat Agung, Paskah (kebangkitan Yesus), Kenaikan Yesus, dan Pentakosta (Pencurahan Roh Kudus). Beberapa denominasi lainnya juga merayakan Adven, Rabu Abu, dan hari besar lainnya. Namun 5 hari raya tersebut adalah hari-hari raya yang umum diadakan.

 

Perayaan Pra-Paskah

Sebelum merayakan paskah, umat Kristen dalam kebanyakan denominasi akan melakukan berbagai kegiatan perayaan dimana kegiatan-kegiatan disebut dengan prapaskah yang di dalamnya didasari dari peristiwa yang dicatat dalam Alkitab.

Masa Prapaskah adalah periode 40 hari sebelum Paskah dalam kalender Kristen. Di mana orang-orang Kristen akan merenungkan dan menyiapkan diri sebelum merayakan Paskah.

Makna dari masa Prapaskah bagi orang percaya adalah mengingat pengorbanan Yesus Kristus, dan mengenang saat-saat Yesus berpuasa di padang gurun selama 40 hari. Tidak sedikit juga umat Tuhan merayakannya dengan berpuasa.

Jika Paskah adalah perayaan kebangkitan Yesus setelah kematianNya di kayu salib, maka pada masa Prapaskah, orang-orang percaya akan mengenang peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum Paskah.

Makna angka 40 sendiri di dalam Alkitab memiliki makna istimewa, sebab selain  puasa 40 hari Yesus,  ada juga peristiwa seperti 40 hari hujan air bah, 40 tahun bangsa israel sebelum mencapai tanah perjanjian, dan puasa 40 hari Musa sebelum menerima Sepuluh Perintah Allah.

 

Berbagai Perayaan Menjelang Paskah

Dalam prapaskah selama 40 hari atau enam minggu menuju Paskah, berbagai denominasi gereja akan terlebih dahulu mengadakan beberapa perayaan. Diantaranya adalah:

 

BACA JUGA: Perlukan Orang Kristen Puasa Pra Paskah?

 

1. Rabu Abu

Rabu Abu adalah hari pertama masa Pra-Paskah dalam liturgi tahunan gerejawi. Perayaan ini diperingati dengan beribadah dan berpuasa, juga sebagai tanda perkabungan, pertobatan, dan merendahkan diri menuju kemenangan kebangkitan Kristus.

Rabu Abu dilakukan dengan mengoleskan abu pertobatan di dahi jemaat. Penggunaan abu dalam liturgi ini berasal dari zaman Perjanjian Lama. Abu melambangkan perkabungan, ketidakabadian, dan penyesalan. Sebagai contoh, Mordekhai mengenakan kain kabung dan abu ketika ia mendengar perintah Raja Ahasyweros untuk membunuh semua orang Yahudi dalam kerajaan Persia (Est 4:1). Lalu pertobatan Niniwe dimana raja menyelubungi diri dengan kain kabung lalu duduk di atas abu (Yun 3:5-6).

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami