Supaya Anak Tidak Tumbuh Jadi Egois, Lakukan Cara Ini Saat Mendidik Mereka

Parenting Superbook / 10 March 2022

Kalangan Sendiri

Supaya Anak Tidak Tumbuh Jadi Egois, Lakukan Cara Ini Saat Mendidik Mereka

Contasia Christie Official Writer
1007

Berkaca dari masa kini, kita mungkin seringnya mendapati anak- anak generasi saat ini yang malah lebih cenderung tertutup dan mementingkan diri. Karena itulah penting sekali buat orangtua untuk memperkenalkan soal kasih serta kemurahan hati kepada anak- anak sejak dini. Triknya? Ajarlah anak untuk mengasihi orang lain dengan apa yang mereka memiliki, baik itu waktu, uang serta makanan mereka.

Metode mudah mengajarkan anak tentang kemurahan hati ini tentu diawali dari orang tua sendiri. Tuhan menunjukkan kita dalam firman- Nya kalau kita harus berupaya untuk bersikap ramah. Ini bukanlah suatu yang bersifat opsional, tetapi memang disampaikan secara terang- terangan lewat firman Tuhan. Sebagaimana tertulis dalam:

'Bantulah dalam kekurangan orang-orang kudus dan usahakanlah dirimu untuk selalu memberikan tumpangan!” (Roma 12: 13)'

'Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat.” (Ibrani 13: 2)'

'Berilah tumpangan seorang akan yang lain dengan tidak bersungut-sungut.” (1 Petrus 4: 9)'

Bersikap ramah ataupun murah hati kepada orang lain ialah satu wujud cinta kasih kepada orang lain. Mereka yang murah hati umumnya merupakan orang- orang yang tergerak untuk berbagi apa yang ia memiliki dengan orang lain, baik itu makanan, uang dan sebagainya. Tuhan menggunakan kemurahan hati sebagai cara untuk memperluas kasih- Nya kepada orang lain. Bermurah hati tidak terbatas hanya dilakukan kepada orang- orang yang kita kenali saja, tetapi bahkan kepada orang asing yang belum pernah kita temui, baik orang- orang seiman maupun yang berbeda kepercayaan.

 Baca juga : Ingin Pernikahan Langgeng dan Bahagia, Ini Rahasia Alkitabiahnya!

 

Berikut merupakan 4 metode mengarahkan anak- anakmu soal kemurahan hati:

 

1. Ambil waktu khusus dengan anak untuk mengajarkan mereka cara mempraktikkan kemurahan hati

Ambil waktu spesial dengan anak untuk mengarahkan mereka cara mempraktikkan kemurahan hati. Sebelum melaksanakannya, ambillah waktu untuk membicarakannya bersama. Misalnya saat lagi makan malam. Diskusikan soal siap- siapa saja yang layak dibantu ataupun yang membutuhkan dorongan.

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami