Supaya Anak Tidak Tumbuh Jadi Egois, Lakukan Cara Ini Saat Mendidik Mereka
Sumber: superbook

Parenting Superbook / 10 March 2022

Kalangan Sendiri

Supaya Anak Tidak Tumbuh Jadi Egois, Lakukan Cara Ini Saat Mendidik Mereka

Contasia Christie Official Writer
2160

2. Dorong anak melaksanakannya secara spontan

Anak- anak akan cenderung menjadikan kita sebagai acuan ataupun teladan dalam hidupnya. Segala hal yang kita jalani secara otomatis akan mempengaruhi mereka. Karena itulah orangtua dapat mengarahkan anak soal kemurahan lewat kehidupan tiap hari. Misalnya, tanpa sengaja saat kalian sedang berada di luar rumah dan menemukan seorang ibu yang membutuhkan pertolongan, tanpa pikir panjang segera berinisiatif menolongnya. Ketika orangtua selalu melaksanakan hal semacam itu di depan anak, anak akan mengingatnya dan bahkan meneladani tindakan ibu dan bapaknya itu.

 

3. Ajarkan anak untuk fokus melayani orang lain

Misalnya saat anak merayakan ulang tahun dan banyak persiapan yang harus disiapkan. Mungkin sebagian anak akan lebih fokus dengan segala macam persiapan ini. Tapi, untuk kali ini anak-anak kamu harus menyadari bahwa fokus melayani orang-orang jauh lebih penting.

Bantulah anak-anak untuk aktif melayani teman-temannya yang hadir, berbincang-bincang dengan mereka.

 

4. Ajak anak melayani saat ada acara

Menjadi role model yang baik tidak hanya dengan melakukannya sendiri tanpa melibatkan orang lain. Tapi dengan melibatkan anak melakukannya juga adalah salah satu langkah yang baik supaya mereka merasa terbeban untuk melakukan hal-hal yang baik dalam hidupnya. Karena itu, ajaklah anak laki-laki atau anak perempuanmu untuk melayani orang lain dalam suatu acara tertentu. Ingatkan mereka selalu bahwa dasar mereka untuk melayani orang lain adalah karena Tuhan memerintahkan mereka untuk melakukannya.

Orangtua bisa memberikan tugas-tugas sederhana kepada anak. Misalnya, menjadi penerima tamu di depan pintu. Menyajikan minuman atau membersihkan meja. Menyambut para tamu yang datang atau membagikan para tamu bunga atau merchandise.

Hal ini memang tak akan selalu mudah dilakukan oleh orangtua. Karena pastinya aka nada sebagian anak yang malas dan merasa kehilangan waktu bermain mereka. Tapi di atas semua itu, ingatkanlah anak perlahan-lahan bahwa Yesus juga sudah terlebih dahulu melayani dia dan semua orang meskipun Dia adalah seorang Raja dan Tuhan. Alkitab mengajarkan bahwa keramahan atau kemurahan hati adaah ukuran dari kasih kita. Karena itu, mereka haruslah meneladani perbuatan Yesus dalam hidup mereka.

 

 

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami