Apakah Suami Anda Tipe yang Suka Ingkar Janji? Coba Atasi Dengan Ini

Marriage / 4 March 2022

Kalangan Sendiri

Apakah Suami Anda Tipe yang Suka Ingkar Janji? Coba Atasi Dengan Ini

Lori Official Writer
5848

Semua pasangan menikah tahu kalau komunikasi yang baik adalah rahasia pernikahan bahagia. Tapi akan jauh lebih baik kalau komunikasi ini dibarengi dengan beberapa tindakan yang saling mendukung satu sama lain.

Lain ceritanya kalau ternyata pasanganmu justru bukan orang yang bisa Anda percaya. Karena kebiasaan yang ingkar janji baik dalam hal sesederhana urusan rumah tangga maupun dalam hal urusan yang lebih penting.

Contoh sederhana seperti, waktu kamu memintanya untuk membetulkan pintu dan dia mengangguk akan membereskannya. Tapi dia sama sekali gak ingat untuk melakukannya. Atau contoh yang paling fatal adalah waktu kalian sudah sepakat akan pergi berkunjung ke rumah orangtua dan dia sudah sepakat untuk pergi bersama. Tapi dia malah membatalkan janji tersebut dan memilih untuk menghabiskan waktu dengan teman-temannya.

 

Baca Juga: 

Ini Alasan Pentingnya Peran Gereja Dalam Pernikahan

 

Suami-suami, Ini yang Istri Inginkan Melebihi Penghasilanmu

 

Dalam kondisi ini, seorang istri wajar marah. Tapi bukan berarti harus menghabiskan waktu membencinya.

Daripada marah sepanjang waktu, ada baiknya melakukan beberapa hal ini:

1. Cari tahu apa masalahnya

Cobalah ambil waktu tenang sesaat. Cari tahu apa masalah suamimu sehingga dia selalu ingkar janji. Sampaikanlah dengan baik dan minta suamimu membeberkan alasannya secara pribadi.

 

2. Cari dukungan

Hal paling sulit saat menghadapi suami yang punya karakter buruk seperti terbiasa ingkar janji adalah keinginan untuk mengakhiri pernikahan. Akan mudah bagi seorang istri untuk tersulut dan merasa tak lagi butuh pasangannya.

Tapi alih-alih mengambil keputusan tersebut dengan gegabah, akan lebih baik mencari dukungan dari orang-orang terdekat. Bagikan apa yang jadi beban masalah Anda dan minta dukungan mereka.

 

3. Belajar untuk memilih sikap suami yang bisa dan yang tidak bisa ditolerir

Terkadang gak semua janji yang diabaikan oleh suami adalah hal yang begitu penting. Karena itu, penting untuk menahan diri dari kemarahan yang berlebihan atas tindakan suami. Tentunya saat suami mengingkari satu janji pun sudah sangat menyakitkan. Tapi jadilah istri yang bijak dan bisa mengatasi masalah Anda dengan cara yang tepat.

 

Baca Juga:

Kesal Setengah Mati Sama Kebiasaan Pasangan? Selesaikan Saja dengan Cara Ini

Pelajaran Berharga yang Harus Dipetik dari Pernikahan Hosea dengan Pelacur Gomer

 

4. Dorong suami untuk tegas berkata tidak daripada harus ingkar janji

Seorang suami bisa saja terdorong untuk berjanji melakukan sesuatu karena dia mau menyenangkan hati pasangannya. Dan kalau itu adalah alasan dia selalu mengulangi perilaku ini, lebih baik memintanya untuk jujur dan belajar berkata ‘tidak’.

Dengan itu, kamu bisa memaklumi waktu suami menolak permintaan Anda.

 

5. Periksa kembali apakah kamu menaruh harapan yang cukup tinggi

Semakin tinggi harapan yang kamu taruhkan kepada pasangan Anda, semakin takut pula mereka mengecewakan Anda. Cara terbaik untuk menentukan apakah harapan Anda masuk akal adalah dengan bertanya pada diri sendiri apakah dia bisa memenuhi harapan itu atau tidak.

Pasangan Anda perlu hidup jadi diri mereka sendiri. Dan jangan jadikan harapan Anda sebagai beban bagi suami.

Komunikasi dalam pernikahan gak ada artinya tanpa didukung oleh tindakan. Kalau pasangan Anda ternyata sering menjanjikan sesuatu tapi tidak memenuhinya, itu bisa terjadi karena dia enggan menolak permintaan Anda. Jadi cobalah mengenal pasangan Anda lebih dekat, sehingga semuanya tersampaikan dengan jelas.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami