7 Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Terinfeksi Omicron

Health / 23 February 2022

Kalangan Sendiri

7 Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Terinfeksi Omicron

Lori Official Writer
21085

Beberapa orang yang terinfeksi Covid-19 mungkin bertanya-tanya ‘Kenapa harus aku?’ Anda mungkin mulai kesal karena selama ini sudah mematuhi protokol kesehatan, tetapi kok bisa kena juga?

Beberapa gejala pun muncul, seperti batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, kehilangan rasa, pegal di sekujur tubuh, demam dan sesak napas.

Di tengah kondisi ini, Anda hanya bisa menjalani isolasi mandiri (isoman) dan tentunya harus dibarengi dengan mengatur pola makan yang seimbang dan bergizi.

Adapun makanan yang dianjurkan baik untuk proses pemulihan dari infeksi Omicron diantaranya harus mengandung antioksidan, fotonutrien, probiotik, dan minuman penambah ion tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung nutrisi ini diantaranya sup, kaldu, ramuan rempah-rempah hangat untuk meringankan batuk. Selain itu juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang kaya dengan vitamin C. Untuk dehidrasi yang dialami, bisa diredakan dengan air kelapa dan juga pisang.

Menurut professional kesehatan, meskipun makanan-makanan sehat tersebut terlihat begitu menggoda. Namun infeksi Omicron memang akan membuat nafsu makan menurun. Apalagi dengan kondisi sakit tenggorokan yang diderita, semakin melengkapi penderitaan pasien untuk mengkonsumsi makanan tertentu.

 

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 7 Aturan Isoman Bagi yang Positif Omicron

 

Jadi menurut Robert G Lahita MD. Ph.D atau disapa dr. Bob, ahli penyakit autoimun dan rematik di Saint Joseph Health sekaligus penulis buku Immunity Strong menyarankan supaya pasien Omicron mengkonsumsi 7 makanan ini:

1. Minuman Elektrolit

“Cairan tubuh itu penting. Penting untuk memastikan cairan eletrolit dalam tubuh terpenuhi, terutama jika Anda mengalami diare dan muntah,” ungkap Dr. Bob. 

Dia menuturkan bahwa dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, maka kalium dan kadar natrium dalam tubuh akan tetap normal.

 

2. Sup dan Kaldu

“Sup dan kaldu benar-benar pengganti elektrolit yang bagus,” ungkap dr. Bob.

Jika nafsu makan berkurang, sup yang mengandung semacam protein dan sayuran di dalamnya dapat membantu melawan infeksi di dalam tubuh.

 

3. Minuman Berprotein

“Milkshake vanilla, milkshake cokelat, apapun yang mudah diminum sangat penting. Saya telah berbicara dengan begitu banyak pasien yang menderita omicron dan mereka semua mengatakan hal yang sama, ‘Oh, kami butuh makanan ringan.’” terangnya.

Minuman berprotein setidaknya bisa meningkatkan asupan protein di dalam tubuh selama masa infeksi.

 

4. Sayuran Brokoli dan Kubis

Bagi yang memiliki selera makan, sangat baik untuk mengkonsumsi sayuran yang mengandung antioksidan seperti brokoli, kubis, lobak sampai jamur.

“Jika Anda memiliki nafsu makan, sayuran seperti brokoli, kubis dan sayuran yang dimasak dengan saus lobak atau jamur benar-benar enak. Makanan ini berguna untuk menjaga nutrisi yang akan Anda butuhkan, dan yang Anda perlukan,” ungkapnya.

 

Baca Juga: 5 Buah Kaya Vitamin Rekomendasi Dokter Gizi yang Ampuh Tingkatkan Imun Penderita Covid-19

 

5. Pasta dengan bolognese

Saat kondisi pasien terinfeksi mulai membaik, keinginan untuk makan akan terus meningkat. Salah satu jenis makanan yang bisa membuat kenyang dan kaya akan protein adalah pasta dengan saus daging Bolognese. 

Ini bisa menjadi santapan nikmat untuk memulihkan selera makan terinfeksi Omicron.

“Anda bisa makan sepiring pasta enak, menaikkan gula darah Anda secara perlahan, tidak berlebihan. Buatlah pasta dengan saus Bolognese. Itu adalah salah satu favorit saya,” terangnya.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami