Tips Menciptakan Suasana Belajar Firman Tuhan yang Menyenangkan untuk Anak di Rumah

Parenting / 22 February 2022

Kalangan Sendiri

Tips Menciptakan Suasana Belajar Firman Tuhan yang Menyenangkan untuk Anak di Rumah

Contasia Christie Official Writer
1153

Belajar firman Tuhan itu bisa dimana saja. Tidak harus di sekolah minggu doank kok. Saat masih anak-anak, mereka juga harus belajar secara holistik lho, supaya IQ, EQ dan SQnya semua berkembang dengan baik. Lalu bagaimana ya caranya menciptakan suasana belajar firman Tuhan yang menyenangkan untuk anak? Yuk lihat pembahasan lengkapnya sampai habis.

1. Sediakan ruangan atau tempat doa

Buat tempat khusus di rumah untuk berdoa dan beribadah. Bisa di kamar atau di ruang tamu (untuk renungan / saat teduh bersama keluarga). Dengan memilih tempat yang nyaman ini, anak juga akan lebih khusyuk dalam berdoa dan menyembah Tuhan lho. Parents juga bisa bersaat teduh bersama anak sambil menyimak dan memberikan solusi pergumulan yang dihadapi anak.

 

2. Bersama lebih baik

Belajar bersama lebih baik daripada belajar sendiri. Inilah waktu orang tua untuk memiliki quality time bersama anak sambil menanamkan pondasi iman anak. Mereka masih membutuhkan bimbingan dalam menjawab berbagai pertanyaan keagamaan yang kadang sulit dijelaskan secara logika. Apalagi kalau anak Parents bersekolah di sekolah negeri.

 Baca juga : 4 Hal yang Anak Pelajari dari Kehidupan Pernikahan Kita

 

3. Metode Ser-San (Serius tapi santai)

Nggak selamanya belajar agama itu harus serius-serius amat sampai kaku. Sekolah Minggu Superbook saja mengajarkan anak tentang firman Tuhan lewat film dan berbagai permainan menarik, tentunya semua itu sesuai dengan isi Alkitab. Jadi kenapa nggak kalau Parents menanamkan firman Tuhan lewat kegiatan yang mengasyikan untuk anak.

 

4. Bisa juga sambil ngemil

Kata siapa belajar agama tidak boleh melakukan apapun kecuali bernyanyi dan membaca Alkitab? Tuhan Yesus sendiri seringkali menanamkan firman-Nya ketika ia, kedua belas rasul, dan pengikutnya makan lho. (Markus 2: 13-17, Matius 9: 9-13, Lukas 22: 7-26, Yohanes 13: 1-30 dan masih banyak lagi). Tapi ya janagn makan saat ibadah di gereja juga sih.

 Baca juga : 7 Kriteria Pria yang Akan Menjadi Idaman Para Wanita, Kamu yang Mana?

 

5. Pastikan ruangannya bersih dan rapih

Tempat belajar yang bersih dan rapi biasanya lebih disukai untuk memudahkan proses belajar. Siapkan  buku dan alat tulis yang kamu perlukan sebelum memulai belajar agar waktu belajarmu lebih efektif.

 

Itulah 5 tips praktis yang bisa Parents lakukan dirumah. Kalau Parents punya tips lainnya, boleh lho di-share di kolom komentar!

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami