Bolehkah orang Tua Memaksa Anaknya Agar Rajin Ibadah Ke Sekolah Minggu?
Sumber: pexels

Parenting / 17 February 2022

Kalangan Sendiri

Bolehkah orang Tua Memaksa Anaknya Agar Rajin Ibadah Ke Sekolah Minggu?

Contasia Christie Official Writer
3100

Adanya kesibukan yang berlebihan pada anak-anak zaman sekarang membuat mereka saat weekend ingin beristirahat atau full bermain. Tak sedikit yang akhirnya menjadi malas beribadah atau sekolah minggu. Padahal nantinya saat anak beranjak remaja, tantangan untuk konsisten beribadah akan semakin sulit. Ditambah pengaruh dari lingkungan, teman, pemahaman mereka, dan lainnya. Kita sebagai orang tua harus melindungi anak dari pengaruh negatif yang merusak iman mereka.

Jadi, daripada anak tidak beribadah sama sekali, apakah boleh memaksanya?

Kenapa kita beribadah?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kita perlu menyadari mengapa kita sendiri perlu beribadah. Apa tujuannya?

Kita beribadah untuk menyembah Tuhan, mengucap syukur, memuji Tuhan, dan mendengarkan firman-Nya yang berguna untuk kehidupan kita. Ini adalah kewajiban kita sebagai pengikut Kristus. Godaan kita sebagai manusia memang kedagingan kita sendiri. Di Perjanjian Baru, para rasul mengajar di rumah-rumah ibadah agar banyak orang yang paham tentang apa yang Tuhan Yesus lakukan. Dengan mendengar firman Tuhan, kita akan semakin bertumbuh pengetahuan dan iman kepada Kristus (Kolose 3:16).

Konsisten dan teladan adalah kunci

Dalam mengasuh anak, konsistensi dan teladan adalah kuncinya. Saat kita ingin kita rajin beribadah, maka kita juga harus menyontohkannya terlebih dahulu. Misalnya untuk pergi ke gereja, jam 7 kita harus sudah siap. Baik orang tua maupun anak. Berarti tidak ada alasan untuk belum siap di jam tersebut bagi siapapun.

Parents juga harus mulai memberikan jadwal yang jelas, Senin sampai Jumat anak bersekolah, Sabtu mereka boleh bermain dan kegiatan tambahan lain, tapi hari Minggu dia harus ke gereja atau beribadah secara online (karena saat ini masih masa pandemi).

 BACA SELANJUTNYA...

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami