Bukan Hanya Untuk Penderita Insomnia, Teh Chamomile Punya Segudang Manfaat Lain Lho!

Health / 17 February 2022

Kalangan Sendiri

Bukan Hanya Untuk Penderita Insomnia, Teh Chamomile Punya Segudang Manfaat Lain Lho!

Claudia Jessica Official Writer
1331

Teh chamomile telah digunakan secara turun-menurun sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Manfaat teh chamomile sendiri telah diakui sejak ribuan tahun silam.

Berasal dari Eropa, teh chamomile terbuat dari ekstrak bunga tanaman chamomile (Matricaria recutita). Salah satu keunggulan teh chamomile dari teh lainnya adalah teh chamomile merupakan teh bebas kafein. Karena hal ini, teh chamomile jadi cukup populer dan banyak diminati.

Selain dikonsumsi sebagai obat, bunga chamomile sering dijadikan sebagai minuman teh yang dikeringkan terlebih dahulu. Dengan rasanya yang manis dan aromanya yang harum, teh chamomile memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Penasaran apa saja manfaat teh chamomile yang unik ini?

1. Memperbaiki kualitas tidur

Teh chamomile cocok sekali untuk orang yang memiliki masalah sulit tidur atau insomnia. Pasalnya teh chamomile sering digunakan dalam terapi alternatif yang banyak digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur, memperpanjang waktu tidur, sekaligus mengatasi insomnia.

Kandungan apigenin yang terdapat dalam teh chamomile, mampu memberikan efek menenangkan dan meredakan kecemasan hingga mendorong rasa kantuk layaknya obat penenang.

2. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Teh chamomile mengandung zat yang bersifat antikanker dan antioksidan yang dapat menurunkan peradangan dan menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker. Misalnya seperti kanker payudara, kanker saluran pencernaan, kanker kulit, kanker prostat, kanker rahim, dan kanker tiroid.

 

 

BACA JUGA: Jujube, Buah yang Digadang Mampu Atasi Insomnia Hingga Kanker di Drakor Our Beloved Summer

 

Namun manfaat teh chamomile tidak bisa menggantikan pengobatan kanker secara medis seperti operasi atau kemoterapi.

3. Meredakan nyeri haid

Penelitian mendapati bahwa teh chamomile dapat meredakan nyeri haid, termasuk kram perut, hingga mengurangi kecemasan yang terjadi selama periode menstruasi. Semua khasiat tersebut Anda rasakan berkat kandungan azolin yang berperan sebagai antiradang dan antinyeri alami, serta bisabolol yang memberikan efek menenangkan.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami