Jujube, Buah yang Digadang Mampu Atasi Insomnia Hingga Kanker di Drakor Our Beloved Summer

Jujube, Buah yang Digadang Mampu Atasi Insomnia Hingga Kanker di Drakor Our Beloved Summer

Claudia Jessica Official Writer
225

Jujube, buah kecil dari pohon Ziziphus Jujuba yang banyak tumbuh di Asia Selatan ini belakangan banyak dibicarakan oleh warga twitter karena kemunculannya dalam drama korea berjudul Our Beloved Summer.

Dalam drama tersebut, teh jujube digunakan sebagai obat herbal yang diberikan oleh sang tokoh utama perempuan untuk membantu mengatasi insomnia tokoh utama pria.

Teh jujube dikenal dengan sebutan kurma merah atau kurma china karena bentuknya yang menyerupai kurma dan berwarna merah keunguan. Memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur yang kenyal, teh jujube kerap kali dijadikan camilan ataupun manisan lantaran rendah kalori dan kaya akan serat, vitamin, mineral, serta antioksidan.

Karena hal itu, jujube jadi dikenal sebagai camilan sehat. Selain rasanya yang lezat dijadikan camilan, teh jujube digunakan sebagai pengobatan alternatif di Asia untuk mengatasi insomnia dan gangguan kecemasan sejak lama.

Dilansir dari hellosehat.com, dalam 100 gram (g) buah jujube memiliki komposisi gizi seperti berikut:

Air: 77,86 g

Energi: 79 kalori (Kal)

Protein: 1,2 g

Karbohidrat: 20,23 g

Lemak: 0,2 g

Vitamin C: 69 miligram (mg)

Kalium: 250 mg

Vitamin B6: 0,081 mg

Selain protein, karbohidrat, lemak, dan nutrisi lainnya di atas, buah jujube mengandung gula alami yang bisa menambah asupan energi. Akan tetapi, buah yang dikeringkan akan memiliki total kalori dan gula yang lebih tinggi dari buah jujube segar sehingga penderita diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi buah jujube yang dijadikan manisan. Sebagai gantinya, Anda bisa bisa mengonsumsi teh jujube.

Di samping itu, jujube kaya akan aktivitas antioksidan dari senyawa bioaktif yang dikandungnya, seperti flavonoid, saponin, polisakarida, dan asam triterpenat. Vitamin C dalam jujube juga bertindak sebagai antioksidan.

Berikut ini adalah beragam manfaat jujube yang bisa Anda dapatkan:

1. Menjaga kadar gula darah

Khasiat jujube untuk menjaga kadar gula darah berasal dari kandungan vitamin A yang dapat meningkatkan penyerapan gula darah. Jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat, jujube dapat membantu Anda terhindar dari risiko penyakit diabetes.

Buah jujube dapat dikonsumsi mentah sebagai camilan sehat dan bisa juga dikeringkan untuk menjadi permen, teh, dan suplemen. Perlu dicatat bahwa buah yang dikeringkan pada umumnya akan mengandung kalori dan gula yang tinggi dibandingkan dengan buah segarnya.

 

BACA JUGA: Saat Insomnia Menyerang, Bacalah 3 Ayat Mazmur Ini

 

2. Meningkatkan kualitas tidur

Salah satu manfaat buah jujube yang paling terkenal adalah untuk meningkatkan kualitas tidur terutama untuk penderita insomnia dan berbagai masalah tidur lainnya yang berkaitan dengan stres dan kecemasan.

Flavonoid dan saponin yang terkandung dalam buah jujube dipercaya mampu menurunkan aktivitas sistem saraf dan meningkatkan hormon yang mampu menenangkan pikiran. Khasiat ini dipercaya mampu memperbaiki kualitas dan lamanya tidur seseorang.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah jujube tidak kalah tinggi sekalipun dibandingkan dengan buah apel. Kandungan serat yang tinggi ini membuah buah jujube sangat efektif untuk membantu mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan, melembutkan tinja, dan meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik usus, sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Senyawa aktif yang terdapat pada ekstrak jujube juga memiliki manfaat untuk memberikan perlindungan pada dinding organ sistem pencernaan, mulai dari lambung hingga usus besar.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami