10 Tips Kesehatan Terbaik Versi Alkitab
Sumber: Go red for Women

Health / 14 February 2022

Kalangan Sendiri

10 Tips Kesehatan Terbaik Versi Alkitab

Lori Official Writer
3218

Saat kita dalam keadaan sehat, kebanyakan dari kita akan mengabaikan cara untuk merawat kesehatan tersebut. Take for granted.

Tetapi giliran mulai merasa sakit-sakitan, kita mulai peduli dengan kebiasaan hidup kita. 

Tahukah Anda bahkan kesehatan merupakan salah satu anugerah terbesar dari Tuhan setelah diberi napas kehidupan. Karena peran yang begitu penting inilah, Alkitab bahkan memberikan panduan kesehatan. Panduan ini bisa kita temukan dari beragam tulah sakit penyakit yang terjadi kepada bangsa Mesir pada masa itu, seperti pencemaran air dan makanan, pembuangan limbah serta penyakit menular dan tidak menular lainnya.

Namun selain itu, Alkitab juga dipenuhi dengan beragam pengetahuan tentang menjaga kesehatan. Berikut 10 tips kesehatan versi Alkitab.

1. Menjaga Tubuh Fisik

Kenapa kita harus menjaga kesehatan?

Paulus mengingatkan kita pentingnya untuk menyadari alasan kita diciptakan. Yaitu supaya Tuhan bisa tinggal di dalam kita. 

“Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” (1 Korintus 6: 19-20)

Sebagai bait Roh Kudus, kita diperintahkan untuk melakukan semua hal seperti untuk Tuhan, bahkan termasuk makan dan minum (1 Korintus 10: 31).

 

2. Fisik dan Mental Harus Sama-sama Sehat

Raja Salomo, orang yang paling bijaksana di bumi memahami kaitan antara pikiran dan kesehatan. 

“Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.” (Amsal 17: 22)

“Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang.” (Amsal 14: 30)

 

Baca Juga: 5 Ayat Alkitab yang Bicara Soal Pentingnya Menjaga Kesehatan

 

3. Sikap Positif Itu Penting

Sebagaimana disampaikan dalam Mazmur bahwa hati yang gembira adalah obat. Begitu juga dengan sikap positif akan menularkan tindakan dan cara pandang yang positif.

“Mata yang bersinar-sinar menyukakan hati, dan kabar yang baik menyegarkan tulang.” (Amsal 15: 30)

 

4. Jauhi Alkohol

Walaupun Alkitab memang menyertakan contoh penggunaan alkohol, tapi jelas bahwa itu adalah zat yang berbahaya. 

“Celakalah mereka yang menjadi jago minum dan juara dalam mencampur minuman keras.” (Yesaya 5: 22)

Sama halnya seperti yang disampaikan dalam Yesaya, bahwa kita juga harus waspada terhadap anggur, yang merupakan salah satu dari jenis alkohol yang bisa memabukkan.

 

5. Bekerja dan Istirahat Harus Seimbang

Tuhan menginginkan semua umatnya sejahtera. Tetapi Dia juga mau kita bisa menikmati hasil kerja keras kita. Itu sebabnya Dia memberikan waktu istirahat yaitu di Hari Sabat.

“Dan bahwa setiap orang dapat makan, minum dan menikmati kesenangan dalam segala jerih payahnya, itu juga adalah pemberian Allah.” (Pengkhotbah 3: 13)

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

6. Tidur Itu Penting

Sebagai manusia yang diberi keterbatasan, secara fisik, kita memerlukan waktu untuk beristirahat yang cukup memulihkan kondisi fisik. Karena itulah Tuhan menciptakan malam, sebagai waktu tidur terbaik bagi seluruh makhluk ciptaan-Nya.

“Enak tidurnya orang yang bekerja, baik ia makan sedikit maupun banyak; tetapi kekenyangan orang kaya sekali-kali tidak membiarkan dia tidur.” (Pengkhotbah 5: 12)

 

7. Makan Secukupnya

Sebagai orang Kristen, kita tidak memungkiri bahwa ada banyak kebiasaan makan kita yang bertentangan dengan perintah Tuhan.

Kadang kita bisa makan berlebihan dan tidak seimbang. Sehingga menyebabkan dampak yang buruk terhadap kesehatan kita. 

Jika Anda menghargai tubuh yang Tuhan berikan, maka penuhilah tubuh tersebut sesuai dengan kapasitasnya. Makanlah secukupnya dan jangan sampai kekenyangan dan muntah (Amsal 25: 16)

 

Baca Juga: Buat Para Pekerja, Tetap Waspada Jaga Kesehatan Selama Wabah Corona Pakai 7 Langkah Ini

 

8. Pola Makan Nabati Jadi Pilihan Terbaik

Sejak awal Tuhan menyampaikan bahwa Dia telah menyediakan tanaman yang menghasilkan biji-bijian di bumi dan pohon yang berbuah (Kejadian 1: 29). Tuhan menganjurkan kita untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan terbaik yang sudah Dia sediakan.

Lalu Daniel memberikan contoh Alkitabiah tentang pola makan nabati ini.

“Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum…” (Daniel 1: 12)

 

9. Memperkuat Kondisi Spiritual

Penelitian menemukan bahwa kehidupan doa yang sehat, keyakinan dan iman yang teguh bisa meningkatkan kualitas dan umur panjang. 

Alkitab mendukung hal ini.

“Takut akan Allah mendatangkan hidup, maka orang bermalam dengan puas, tanpa ditimpa malapetaka.” (Amsal 19: 23)

 

10. Takut Akan Tuhan Mendatangkan Umur Panjang

Tips lain untuk memperoleh umur yang panjang di dunia adalah takut akan Tuhan. Dengan takut akan Tuhan, Amsal 3: 1-2, menyampaikan bahwa umur panjang dan damai sejahtera akan ditambahkan kepadamu. 

Apakah Anda ingin sehat dan dijauhkan dari segala jenis penyakit? Yuk coba ikuti 10 tips kesehatan versi Alkitab di atas.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami