Buat Para Pekerja, Tetap Waspada Jaga Kesehatan Selama Wabah Corona Pakai 7 Langkah Ini

Buat Para Pekerja, Tetap Waspada Jaga Kesehatan Selama Wabah Corona Pakai 7 Langkah Ini

Lori Official Writer
748

Wabah virus corona yang sudah banyak menelan korban mendorong berbagai negara untuk tetap waspada terhadap penyebarannya yang tak terduga.

Salah satu faktor yang paling berdampak akibat wabah ini adalah sektor perekonomian. Di tengah masa penyebaran virus ini, perekonomian China bisa dibilang terjun bebas. Kondisi inipun berdampak secara global, termasuk negara-negara maju seperti Singapura, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat dan Australia.

Berbagai perusahaan pun ikut menanggapi hal ini sebagai kondisi darurat yang perlu diwapadai oleh semua orang, khususnya para pekerja. Baik yang kerap melakukan perjalanan bisnis maupun yang bekerja setiap hari ke kantor.

Karena proses penyebarannya yang terbilang mudah, perusahaan bahkan pusat kesehatan sangat menganjurkan agar setiap pekerja tetap mmeperhatikan beberapa hal penting untuk menghindari infeksi penyakit ini saat sedang bekerja.

Bagi negara-negara yang tengah terjangkit, pemerintah dan perusahaan tertentu bahkan menawarkan karyawannya untuk bekerja dari rumah saja. Selama wabah ini masih terus terjadi, semua pekerja didorong untuk bekerja dari rumah saja dan menghindari ruang publik yang ramai.

Sayangnya, bukan hanya negara terdampak saja yang melakukan upaya pencegahan virus corona. Tapi negara-negara yang tidak terdampak pun melakukan upaya pencegahan semaksimal mungkin, khususnya memberikan informasi soal langkah-langkah pencegahan sederhana setiap hari yang bisa dilakukan saat di luar ruangan maupun saat bekerja sepanjang hari.

Baik karyawan yang harus ke kantor maupun yang kerap melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri, sangat disarankan melakukan beberapa langkah pencegahan ini:

1. Periksakan diri ke dokter

Memeriksakan diri ke dokter lebih dulu sebelum melakukan perjalanan bisnis sangat penting guna memastikan kondisi fisik tetap sehat.

Dan jika ternyata kondisi tubuh sedang kurang fit, akan lebih baik membatalkan perjalanan bisnis dan fokus untuk menjaga kesehatan. Sementara bagi yang bekerja setiap hari, khususnya yang bekerja di luar ruang, bisa mendapatkan vitamin atau suplemen penguat antibodi supaya saat berada di luar tubuh lebih kebal terhadap infeksi.

2. Saat sedang sakit istirahatlah di rumah

Apakah kamu sedang mengalami radang, flu, demam atau sedang tidak enak badan? Pastikan untuk beristirahat saja di rumah. Hal ini penting untuk mempercepat proses penyembuhanmu dan juga mencegah penularan penyakit yang lebih luas ke rekan-rekan sekerjamu.

3. Seringlah mencuci tangan

Baik saat sedang bekerja di ruangan maupun di luar ruang, sangat dianjurkan untuk mencuci tangan sesering mungkin. Pastikan mencuci tangan bersih dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir selama kurang lebih 20 detik.


Baca Juga: 

Kuatir Tertular Virus Corona, Dubes RI Sediakan Pos Keamanan Bagi WNI di Korea Selatan

Wabah Virus Corona Terus Meningkat di Korea Selatan, Begini Masa Penularan Virus Kata Ahli


4. Pakai tisu atau lap yang bersih

Apakah kamu sedang melakukan perjalanan bisnis? Pastikanlah untuk selalu membawa tisu sendiri. Hindari memakai lap tangan yang dipakai berulang di toilet atau westafel.

5. Pakailah masker

Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri bahkan menganjurkan untuk memakai masker bagi selama beraktivitas di luar ruangan. Tapi bukan hanya memakai masker, tapi pastikan juga tangan selalu dalam keadaan bersih.

6. Batalkan perjalanan bisnis ke negara yang sedang tidak aman

China dan Korea Selatan saat ini jadi dua negara yang sangat dihindari oleh negara-negara lain. Pemerintah dari berbagai negara sendiri sudah melakukan pelarangan penerbangan ke dua negara ini. Jadi, kalau kebetulan kamu akan melakukan perjalanan bisnis ke negara yang sedang terdampak virus corona, lebih baik menundanya sampai kondisinya dinyatakan aman.

Dan bagi kamu yang sering melakukan pertemuan dengan investor-investor dari luar negeri, pastikan untuk tidak melakukan terlalu banyak kontak fisik atau sentuhan. Dan pastikan untuk selalu mencuci tangan setelah berjabat tangan dengan orang lain.

7. Hindari orang yang sakit

Membatasi kontak dengan orang sakit bisa membantu menurunkan risiko tertular infeksi pernapasan, seperti flu dan virus corona.

Khususnya bagi kamu yang melakukan perjalanan bisnis, jika ternyata mengalami tanda atau gejala infeksi pernapasan setelah pulang, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Dan pastikan untuk istirahat saja di rumah sampai kondisi tubuhnya sembuh. Hal ini penting guna mencegah kondisi yang lebih parah.

Pastikan bahwa bekerja harus seimbang dengan bagaimana kamu menjaga kesehatan tubuhmu. Ingatlah bahwa kesehatan itu jauh lebih bernilai daripada pekerjaanmu.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami