4 Hal yang Alkitab Tegaskan Soal Manajemen Waktu
Sumber: Konica Minolta

Finance / 3 February 2022

Kalangan Sendiri

4 Hal yang Alkitab Tegaskan Soal Manajemen Waktu

Lori Official Writer
6803

2. Jangan Menunda-nunda

Tuhan berbicara melalui doa, Alkitab dan Roh Kudus untuk membantu kita menghindari stres, rasa kuatir dan rasa kecewa dengan bertindak berdasarkan pemikiran dan panduan yang kita dapatkan dari Dia untuk setiap aktifitas kita setiap hari. 

Saat kita tahu ada sesuatu yang perlu kita capai, Alkitab memerintahkan kita untuk menyusun rencana sesuai waktunya dan tidak melakukannya di detik-detik terakhir atau mungkin tidak akan pernah selesai. Penundaan adalah musuh dari kesuksesan.

“Janganlah memuji diri karena esok hari, karena engkau tidak tahu apa yang akan terjadi hari itu.” (Amsal 27: 1)

“…janganlah membiarkan matamu tidur, dan kelopak matamu mengantuk.” (Amsal 6: 4)

“Hati si pemalas penuh keinginan, tetapi sia-sia, sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan.” (Amsal 13: 4)

 

Baca Juga: Sibuk Kerja Lupa Diri. Nih, 3 Trik Ini Sangat Ampuh Bikin Kamu Berhenti Jadi Workaholic!

 

3. Jangan Berkomitmen Berlebihan

Alkitab juga menyampaikan tentang manajemen waktu melalui keputusan yang kita buat dan supaya kita tidak berkomitmen secara berlebihan. 

Musim kehidupan Anda saat ini akan menentukan bagaimana dan dimana Anda membagi waktu Anda. Jika Anda sedang membangun sebuah keluarga, Anda mungkin melakukan banyak aktifitas dan kewajiban, jadi penting untuk tetap menjaga kewarasan Anda sendiri dimana Anda mengerjakannya sesuai dengan jadwal dan tidak mencoba untuk melewatinya. 

Percayalah bahwa berkata ‘tidak’ adalah sesuatu yang sangat Alkitabiah tetapi berkata ‘ya’ lalu mengingkarinya beberapa menit kemudian justru hanya akan menunjukkan kita sebagai orang Kristen yang tidak berintegritas.

“Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.” (Matius 5: 37)

 

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Untuk Mengatur Waktu Anda

 

4. Seimbangkan Bekerja dan Istirahat

Istirahat yang cukup dan berolahraga sangat penting untuk kesehatan. Jadi jangan mengabaikan dua hal ini dari jadwal aktifitas kita setiap hari. 

Alkitab juga memperingatkan kita tentang akibat dari kemalasan, tetapi hal itu sama buruknya dengan menjadi gila kerja dan mengabaikan waktu istirahat.

“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” (Matius 11: 28)

“Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya.” (Amsal 10: 4)

Hari ini, mari merefleksikan sejenak penggunaan waktu Anda. Apakah waktu 24 jam sehari Anda sudah dimanfaatkan dengan baik atau malah terbuang sia-sia? 

Jangan biarkan kesempatan Anda hari ini hilang dan Anda hanya mendapati hidup Anda tidak menghasilkan buah yang maksimal baik bagi keluarga, orang sekitar, pekerjaan dan secara khusus bagi Tuhan sang pemberi hidup.

Selagi masih ada waktu, maksimalkan dengan baik.

Sumber : Crosswalk.com | Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami