4 Hal yang Alkitab Tegaskan Soal Manajemen Waktu
Sumber: Konica Minolta

Finance / 3 February 2022

Kalangan Sendiri

4 Hal yang Alkitab Tegaskan Soal Manajemen Waktu

Lori Official Writer
6792

Jika Anda pernah mengalami situasi terjepit yang mengubahkan hidup Anda, maka Anda pasti memahami betapa pentingnya sebuah persiapan bukan? 

Hidup Anda bisa berubah dalam sekejap untuk selamanya. Hal yang sama bisa terjadi saat ini. Hari ini kita mungkin menjalaninya dengan harapan bisa melakukan apapun yang sudah kita rencanakan, tetapi di pertengahan hari telepon berdering dan ada masalah, keadaan darurat terjadi secara mendadak.

Atau mungkin Anda adalah tipe yang lebih suka menjalani hari sesuai arah mata angin. Karena membuat sederet rencana hanya akan membatasi diri Anda.

Ya, Tuhan menciptakan kita berbeda-beda. Tetapi satu kesamaan yang kita miliki adalah jumlah waktu dalam ukuran jam, menit dan detik dalam sehari, seminggu, sebulan dan setahun. Tidak seorangpun yang punya waktu lebih banyak dari yang lain. Kita semua punya jumlah waktu yang sama untuk menyelesaikan tugas kita dengan tenggat waktu yang sudah ditentukan. 

Waktu tidak berjalan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan kita semata, tetapi waktu menjadi hadiah terbesar yang bisa kita terima dari Tuhan. Dia tidak hanya memberi kita hidup, Dia memberi kita waktu untuk menikmatinya! 

Tetapi Dia juga memberi kita panduan bagaimana memakai hadiah yang berharga ini dengan bijak. Jadi apa kata Alkitab soal manajemen waktu?

 

Baca Juga: Segera Perbaiki Manajemen Waktu Kerja Anda

 

Pentingnya Mengelola Waktu

“Saya hanya menghabiskan waktu” adalah ungkapan yang umum tetapi mematikan! 

Membuang-buang waktu yang tak lagi bisa kembali adalah tindakan yang merusak diri sendiri. Karena setiap hari adalah anugerah dari Tuhan dan tidak ada yang tahu berapa hari yang akan Dia berikan kepada kita, bukankah seharusnya kita mau memanfaatkan setiap momen yang kita punya di dunia ini dengan sebaik-baiknya?

Anda mungkin bangun pagi untuk menikmati sinar matahari yang terbit untuk pertama kali dan di malam hari kita akan menutup tirai jendela sebagai pertanda matahari sudah terbenam. Sepanjang matahari terbit, alangkah pentingnya menggunakan waktu yang ada dengan produktif.

Dan di malam hari, tidur menjadi hal yang sangat penting dan dirancang khusus untuk kita supaya tubuh kita beristirahat dan kembali disegarkan selama delapan jam sehari. Tapi apa yang kita lakukan dengan sisa 16 jam dari 24 hari adalah pilihan kita. Banyak yang akan bekerja atau pergi ke sekolah 8 jam lagi lalu mencoba memanfaatkan waktu luang yang tersisa sepanjang hari.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Kita semua punya jumlah waktu yang sama setiap hari dan kita semua punya jumlah jam yang sama sepanjang hidup kita. Setiap hari, setiap menit kita membuat pilihan tentang bagaimana kita akan menghabiskan hadiah ini dan ketika semuanya sudah berlalu, kita tidak akan pernah bisa mendapatkannya kembali. Kadang-kadang kita perlu melihat kembali kepada hari dimana kita membuang waktu dengan sia-sia.

Setiap orang memiliki banyak tanggung jawab dan distraksi untuk mencuri perhatian kita. Seberapa sering kita berkata bahwa kita tidak punya waktu untuk membaca Alkitab setiap hari, menelepon teman yang berduka, bergabung dengan kelompok belajar Alkitab, bermain dengan anak atau cucu kita, bahkan mungkin pergi ke gereja. 

Tapi kita lupa bahwa ada banyak waktu yang kita buang sia-sia untuk menjelajah sosial media, internet, menonton Youtube, TikTok dan sebagainya. 

Tuhan mau saat kita bangun pagi, kita bertanya kepada Dia bagaimana kita bisa mengatur waktu sepanjang hari.

 

Baca Juga: Biar Produktivitas Kerjamu Memuaskan, Yuk Terapkan Aturan 70-20-10 Ini…

 

Ada 4 hal yang perlu kita sadari tentang manajemen waktu, diantaranya:

1. Hidup Setiap Hari Dengan Berdampak Bagi Dunia 

Tidak ada yang tahu berapa panjang umur kita di dunia ini selain Tuhan. Jadi, selagi masih ada waktu pergunakanlah sisa hidupmu untuk menjadi dampak bagi dunia dan bahkan kerajaan-Nya. 

Jika dunia memprioritaskan untuk mencapai kesuksesan karir, bisnis dan berlimpah uang, maka prioritaskanlah hidup Anda untuk menjadi dampak melalui teladan hidup Anda. 

Carilah kehendak Tuhan dan patuhi firman-Nya dalam setiap tindakan Anda.

“Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.” (Efesus 5: 15-17) 

“Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.” (Pengkhotbah 3: 11)

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

2. Jangan Menunda-nunda

Tuhan berbicara melalui doa, Alkitab dan Roh Kudus untuk membantu kita menghindari stres, rasa kuatir dan rasa kecewa dengan bertindak berdasarkan pemikiran dan panduan yang kita dapatkan dari Dia untuk setiap aktifitas kita setiap hari. 

Saat kita tahu ada sesuatu yang perlu kita capai, Alkitab memerintahkan kita untuk menyusun rencana sesuai waktunya dan tidak melakukannya di detik-detik terakhir atau mungkin tidak akan pernah selesai. Penundaan adalah musuh dari kesuksesan.

“Janganlah memuji diri karena esok hari, karena engkau tidak tahu apa yang akan terjadi hari itu.” (Amsal 27: 1)

“…janganlah membiarkan matamu tidur, dan kelopak matamu mengantuk.” (Amsal 6: 4)

“Hati si pemalas penuh keinginan, tetapi sia-sia, sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan.” (Amsal 13: 4)

 

Baca Juga: Sibuk Kerja Lupa Diri. Nih, 3 Trik Ini Sangat Ampuh Bikin Kamu Berhenti Jadi Workaholic!

 

3. Jangan Berkomitmen Berlebihan

Alkitab juga menyampaikan tentang manajemen waktu melalui keputusan yang kita buat dan supaya kita tidak berkomitmen secara berlebihan. 

Musim kehidupan Anda saat ini akan menentukan bagaimana dan dimana Anda membagi waktu Anda. Jika Anda sedang membangun sebuah keluarga, Anda mungkin melakukan banyak aktifitas dan kewajiban, jadi penting untuk tetap menjaga kewarasan Anda sendiri dimana Anda mengerjakannya sesuai dengan jadwal dan tidak mencoba untuk melewatinya. 

Percayalah bahwa berkata ‘tidak’ adalah sesuatu yang sangat Alkitabiah tetapi berkata ‘ya’ lalu mengingkarinya beberapa menit kemudian justru hanya akan menunjukkan kita sebagai orang Kristen yang tidak berintegritas.

“Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.” (Matius 5: 37)

 

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Untuk Mengatur Waktu Anda

 

4. Seimbangkan Bekerja dan Istirahat

Istirahat yang cukup dan berolahraga sangat penting untuk kesehatan. Jadi jangan mengabaikan dua hal ini dari jadwal aktifitas kita setiap hari. 

Alkitab juga memperingatkan kita tentang akibat dari kemalasan, tetapi hal itu sama buruknya dengan menjadi gila kerja dan mengabaikan waktu istirahat.

“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” (Matius 11: 28)

“Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya.” (Amsal 10: 4)

Hari ini, mari merefleksikan sejenak penggunaan waktu Anda. Apakah waktu 24 jam sehari Anda sudah dimanfaatkan dengan baik atau malah terbuang sia-sia? 

Jangan biarkan kesempatan Anda hari ini hilang dan Anda hanya mendapati hidup Anda tidak menghasilkan buah yang maksimal baik bagi keluarga, orang sekitar, pekerjaan dan secara khusus bagi Tuhan sang pemberi hidup.

Selagi masih ada waktu, maksimalkan dengan baik.

Sumber : Crosswalk.com | Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami