Paus Fransiskus Sebut Pasangan yang Pilihan Tak Punya Anak Itu ‘Egois’

Paus Fransiskus Sebut Pasangan yang Pilihan Tak Punya Anak Itu ‘Egois’

Lori Official Writer
181

Beberapa tahun belakangan, negara-negara di Barat memang tengah mengalami penurunan angka kelahiran. 

Salah satu faktor penyebab penurunan ini dinilai terjadi karena tren yang belakangan ini muncul yaitu banyaknya pasangan menikah yang memilih untuk tidak punya anak.

Tren inilah yang membuat Paus Fransiskus merasa sedih. Dia menyesalkan banyak pasangan menikah yang lebih memilih punya hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, dibandingkan punya anak.

Dia juga menyebut pasangan yang memilih hanya punya satu atau dua anak sebagai bentuk ‘keegoisan’.

 

Baca Juga: Paus Fransiskus : Menyakiti Wanita Berarti Menghina Tuhan

 

Meskipun dia mengaku bahwa punya anak memang tidak terlepas dari risiko, tetapi tidak punya anak juga sama berisikonya.

“Suatu kali, saya berdiskusi tentang demografi penduduk, seperti yang kita lihat bahwa banyak diantaranya tidak punya anak atau hanya punya tidak lebih dari satu anak.”

“Dan banyak pasangan memilih tidak punya anak karena mereka tidak menginginkannya, atau mereka hanya punya satu anak. Tetapi mereka punya dua anjing, dua kucing…Ya, anjing dan kucing menggantikan anak-anak,” ungkap Paus Fransiskus, seperti dikutip dari Christiantoday.com.

Paus pun memperingatkan mereka yang memilih tren ini untuk tidak kehilangan rasa kemanusiaan.

“Lebih berisiko untuk menyangkal peran sebagai ayah atau menyangkal peran sebagai ibu, baik secara nyata maupun rohani. Tetapi penyangkalan, seorang pria atau wanita yang tidak ingin menjadi ayah atau ibu, akan membuat mereka kehilangan sesuatu, sesuatu yang mendasar, sesuatu yang penting,” terangnya.

Dia juga mengingatkan bahwa peradaban manusia yang berakhir jika banyak pasangan memilih untuk mengikuti tren tidak punya anak ini. Karena tingkat kelahiran populasi akan menurun dan mencapai angka nol, dimana pertambahan penduduk akan berkurang.

“Peradaban akan berakhir dan tidak ada lagi rasa kemanusiaan karena hilangnya peran ayah dan ibu. Dan bangsa kita akan menderita, karena tidak punya anak,” jelasnya.

Sementara mereka yang tak punya anak karena alasan biologis, Paus menyarankan untuk menempuh jalur adopsi. Dia mengingatkan supaya para calon orangtua tidak perlu takut menjadi orang tua. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Theguardian.com | Christiantoday.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami