Kisah 4 Survivor Kanker Lalui Perjuangan Terberat Demi Bisa Sembuh

Kisah 4 Survivor Kanker Lalui Perjuangan Terberat Demi Bisa Sembuh

Lori Official Writer
473

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh.

Kanker dikategorikan sebagai penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia.

Meskipun pengobatannya terbilang sudah muktahir, namun pertumbuhan sel yang begitu cepat di dalam tubuh bisa menjadi penyebab kematian terbesar para penderitanya.

Bisa dibilang, mereka yang dinyatakan sembuh dari kanker cukup beruntung. Walaupun perlu diingat bahwa proses yang mereka lalui untuk bisa sembuh terbilang cukup berat dan memakan waktu yang lama.

Lalu apa saja proses yang harus dilalui para survivor kanker? Berikut kisah perjuangan 4 survivor kanker yang dirangkum oleh Jawaban.com.

Helmi Yosua

Saat mendengar diagnosa kanker, saya takut banget. Karena mendengar cancer itu adalah sesuatu yang mematikan.

Saya menderita kanker serviks. Saya pikir itu sesuatu yang biasa karena saya kan sudah menopause. Tapi saya sudah mulai merasakan bagaimana badan saya ada rasa gak enak. Mulai keluarlah pendarahan yang hebat.

Tentu orang kalau mendengar kemo itu seram ya. Bayangkan saya dengan kondisi seperti itu, saya tetap masih pakai bedak, masih pakai lipstick supaya orang gak tahu kalau saya sudah dalam keadaan sakit yang parah. Saya sudah botak dan itu sangat menyakitkan.

Jadi waktu saya dinyatakan sembuh, saya mendapatkan pengharapan baru kembali lewat proses yang Tuhan izinkan.

Saya melihat pengalaman bersama dengan Tuhan ketika firman Tuhan saya baca, Tuhan itu bicara melalui firman-Nya bahwa, ‘Kamu tidak sendiri hambaKu. Waktu kamu dalam keadaan sedih, kamu dalam keadaan tidak berdaya Aku juga terlibat di dalamnya’

Dan benar pada waktu Tuhan, tiga tahun sudah berlalu dan saya sudah dinyatakan sembuh.

Cancer bisa sembuh, saat menyerah bukanlah sebuah pilihan!

 

Baca Juga:

Kanker Payudaraku Disembuhkan Oleh Tuhan Yesus

Didiagnosa Kanker Limfoma, Ari Lasso: Ini Ujian yang Tuhan Pasti Tahu Gue Bisa Lalui

 

Jenni Albertina Wolowae

Pertama kali saat saya divonis kanker, saya baru empat bulan menikah. Yang ada dalam pikiran saya cuma satu: Itu akhir dari hidup saya, terutama sebagai seorang perempuan.

Kanker yang saya derita disebut dengan koriokarsinoma. Awalnya dulu terjadi karena saya dulu pernah hamil. Ternyata hamilnya itu dikenal orang dengan hamil anggur. Pada saat kuret tidak bisa diangkat, istilahnya dia sudah menggigit rahim saya dan dia berkembang di situ menjadi kanker.

Saya coba jalani aja semua proses pengobatannya. Waktu itu cuma mengucap syukur saja, saya bilang ‘Tuhan hari ini rambut saya rontok segini lho.’ Saya belajar satu hal waktu itu, saya belajar untuk berdamai dengan diri saya. Memang mungkin terdengar aneh tapi itulah iman saya.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami