Kenapa Berita Kelahiran Yesus Disampaikan Kepada Gembala?

Kata Alkitab / 7 December 2021

Kalangan Sendiri

Kenapa Berita Kelahiran Yesus Disampaikan Kepada Gembala?

Yenny Kartika Official Writer
39858

Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan. Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan." (Lukas 2:8-12)

 

Kelahiran Sang Juruselamat adalah kabar yang gegap gempita dan memberikan sukacita besar. Buktinya, Tuhan menyuruh malaikat untuk menyampaikannya; bukan dari mulut para nabi. Sementara itu, si penerima pengumuman adalah gembala-gembala. Sangat kontras, karena mereka adalah kaum tidak dipedulikan atau dianggap penting.

Meskipun tidak banyak informasi yang dapat kita ketahui tentang para gembala, mereka diperkirakan tidak memahami praktek-praktek agamawi karena lingkungan mereka (padang rumput) terisolasi. Selain itu, mereka harus selalu berkonsentrasi penuh menjaga domba-domba.

Dalam salah satu tradisi Yahudi (menurut jurnal Mishnah) terdapat sebuah kepercayaan bahwa Mesias akan muncul dari Migdal Eder (artinya, menara kawanan domba). Menara ini berdiri dekat Betlehem di jalan menuju Yerusalem. Domba-domba yang merumput di area dekat menara ini bukanlah domba yang biasa. Gembala yang berjaga di sana bertanggungjawab memelihara domba Bait Allah (temple-flocks), yakni domba yang dipakai untuk korban.

 

Baca Juga:

Bukan Kebetulan, Tuhan Mau Kamu Beritakan Kabar KelahiranNya ke Semua Orang di Natal Ini

Trivia Natal : Seberapa Baik Pengetahuanmu Soal Natal? Yuk Coba Jawab 21 Pertanyaan Ini (Part 1)

#KataAlkitab: Kenapa Sih Perayaan Natal Lebih Meriah Dari Paskah?

 

Dari sinilah kita bisa melihat alasan mengapa Allah memilih para gembala. Mereka, yang tugasnya mengawasi domba-domba yang akan disembelih, menerima pesan ilahi tentang Domba Agung yang akan menghapus dosa manusia melalui kematian dan kebangkitan-Nya.

Allah mengabarkan kelahiran Mesias kepada gembala-gembala yang tak pernah mengamati langit, mencari tanda, atau mempelajari teologia selama bertahun-tahun. Para gembala hanya melakukan tugasnya mengawasi domba-domba, sambil tak pernah memikirkan apakah mereka akan menerima kabar soal kelahiran Juruselamat ke dunia. Jika Dia menganggap para gembala itu sebegitu pentingnya, pikirkan diri Anda di hadapan-Nya. Apakah Anda penting? Mungkinkah Allah memberitahukan hal-hal besar kepada Anda? Jawabannya: Ya.

Di masa ini, Tuhan juga kita mau menyampaikan kabar kelahiran sang Juruslamat bagi dunia. Jika Anda rindu supaya segala suku bangsa, kaum dan bahasa mengenal kasih Tuhan Yesus, ini waktunya untuk #beranibergerak bersama untuk bekerja bagi kerajaan Allah melalui pelayanan kami. 

 

DAFTAR 

Sumber : Jennifer Kennedy Dean | Alfred Edersheim
Halaman :
1

Ikuti Kami