Fakta Alkitab: Nasib Anak Raja Daud dari Perzinahannya
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 26 November 2021

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Nasib Anak Raja Daud dari Perzinahannya

Claudia Jessica Official Writer
22145

Dosa Penyebab Nasib Suram Anak-Anak Daud

Alkitab tidak melihat Daud sebagai tokoh yang serba sempurna, karena ia pun pernah jatuh dalam dosa. Suatu hari Daud sedang berjalan-jalan di atap istananya. Dari atas ia melihat Batsyeba yang cantik jelita dan menginginkannya. Daud kemudian menghampiri dan bersetubuh dengan Batsyeba. Sayang sekali ternyata Batsyeba adalah istri Uria orang Het, seorang perwira Daud.

Dengan berbagai tipu muslihat, Daud akhirnya berhasil menyingkirkan Uria, dan ia pun menjadikan Batsyeba sebagai istrinya. Namun Allah mengetahui kebusukan Daud, dan melalui nabi Natan, Allah menegur Daud hingga ia menyesali dosa-dosanya.

Malangnya nasib beberapa anak Daud rupanya dikaitkan dengan dosa raja Daud yang berzinah dengan Batsyeba dan merancang skenario jahat hingga membunuh Uria. 2 Samuel 12:1-15 memaparkan bagaimana Allah menegur Daud akan dosanya melalui Nabi Natan.

Dalam teguran itu Natan, memakai kisah domba orang miskin dan orang kaya yang jahat. Orang kaya itu mempunyai banyak kambing domba dan lembu sapi. Namun ia mengambil anak domba betina milik si miskin untuk dijadikan santapan bagi tamunya. Orang miskin itu begitu kehilangan anak dombanya sebab ia sangat mengasihi anak domba betinanya, bahkan dirawat sama seperti merawat anak sendiri. 

Mendengar hal ini raja Daud marah besar dan berkata bahwa orang kaya itu harus dibunuh dan harus membayar empat kali lipat dari kerugian yang telah ditimbulkannya. Natan kemudian mengatakan bahwa orang itu adalah Daud sendiri. Tuhan lalu mendengarkan permintaan Daud dan membunuh empat orang anak Daud, sama seperti yang dikatakan Daud bahwa orang kaya itu harus membayar empat kali lipat.

Keempat anak Daud yang mati ialah anak hasil hasil perzinahannya dengan Batsyeba (2 Sam. 12:18), Amnon yang dibunuh oleh Absalom (2 Sam. 13:28-29), Absalom dibunuh oleh Yoab (2 Sam. 18:14), dan yang terakhir adalah Adonia yang dibunuh oleh Benaya (1 Raj. 2:24-25).

 

BACA JUGA: #FaktaAlkitab: Ditemukam Tempat Persembunyian Daud dari Kejaran Raja Saul

 

Itulah nasib tragis beberapa anak-anak Daud yang dikaitkan dengan konsekuensi atas dosa Daud sendiri. Meski demikian, didapati juga bahwa beberapa anak-anak Daud hingga keturunannya menjadi tokoh sentral dalam sejarah Alkitab, seperti Natan dan Salomo. Dari keturunan Natan lahirlah Maria anak Eli, yang melahirkan Yesus Kristus. Kemudian dari keturunan Salomo lahirlah raja-raja Yehuda dan Yusuf, suami Maria yang melahirkan Yesus Kristus.

Untuk menyaksikan tayangan lengkap Fakta Alkitab: Nasib Anak Raja Daud dari Perzinahannya kamu bisa tonton di Youtube Jawaban di bawah ini:

[EMBED]

Anda diberkati dengan konten-konten kami? Mari dukung kami untuk terus memberkati lebih banyak orang melalui konten-konten terbaik di website ini.

Yuk bergabung jadi mitra Jawaban.com hari ini.

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami