#FaktaAlkitab: Ditemukam Tempat Persembunyian Daud dari Kejaran Raja Saul

#FaktaAlkitab: Ditemukam Tempat Persembunyian Daud dari Kejaran Raja Saul

Claudia Jessica Official Writer
461

 

Lokasi Gua Adulam Saat Ini

Adulam adalah sebuah kota di Yehuda yang terletak di dataran rendah yang subur atau Syefela, kira-kira di pertengahan antara Betlehem dan Lakhis. Saat ini kota itu dianggap sama dengan Tell es-Syeikh Madhkur (Horvat Adulam) kira-kira 26 km di sebelah barat, barat daya Yerusalem.

Namanya yang semula dilestarikan untuk nama runtuhan yang tidak jauh dari situ, yaitu Id el-Mma (Miyeh). Lokasi Adulam mencakup Wadi es-Sur dan jalan masuk dari bagian Syafela itu ke pedalaman Yehuda, sehingga menjadikannya lokasi yang strategis. Lokasi itu secara khusus dikenal karena adanya sebuah gua, yaitu Gua Adulam. Di gua inilah Daud pernah bersembunyi ketika melarikan diri dari kejaran Raja Saul.

Sejarah Gua Adulam

Sesuai riwayatnya, Abdulam merupakan sebuah kota kuno. Dalam Alkitab, kota itu pertama kali disinggung sewaktu menyebutkan Hira, “orang Adulam” yang menjadi teman Yehuda sebelum keluarga Yakub pindah ke Mesir (Kejadian 38: 1, 2, 12, 20)

Tiga abad kemudian, Aduhlam menjadi salah satu diantara 31 kerajaan kecil yang ditaklukan oleh Yosua pada waktu mengadakan penyerbuan (Yosuan 11: 1-12; 12: 5). Setelah itu, Adulam diberikan kepada Yehuda bersama kota-kota lain di Syefela.

Sebagai buronan Raja Saul, Daud luput dari Akhis, raja kota Gad di Filistia, lalu ia pergi ke sebuah gua di Adulam yang akhirnya, terdapat kira-kira 400 orang yang bergabung dengannya (1 Samuel 22: 1-5).

Gua ini terletak kira-kira 19 km di sebelah barat, barat daya Betlehem. Maka daerah ini bisa jadi sudah dikenal oleh Daud sejak ia menjadi gembala.

Benteng Perlindungan

Karena letaknya yang relatif sulit dicapai, tempat ini tampaknya cocok menjadi benteng pertahanan Daud. Di kemudian hari, semasa pemerintahannya, Daud menggunakannya sebagai basis operasi dalam perang melawan orang filistin.

Dari tempat inilah, ketiga pejuang menerobos Betlehem untuk mendapatkan air dari perigi atau sumur, tetapi Daud tidak mau meminumnya karena air itu menggambarkan darah mereka yang dipertaruhkan untuk mendapatkannya (1 Tawarikh 11: 15-19; 12: 12 dan 2 Samuel 5: 17-18).

Adulam adalah salah satu diantara rangkaian 15 Kota berbenteng yang diperkuat oleh Rehabeam dari Yehuda (2 Tawarikh 11: 5-12). Rangkaian kota inilah yang dimaksudkan untuk menyediakan perlindungan terhadap serangan dari arah barat dan selatan dan ditaklukkan oleh tentara Sanherib pada masa pemerintahan Hizkia 732 SM (2 Raja-raja 18: 13).

Pada zaman Nehemia, Adulam disebutkan sebagai salah satu kota yang dihuni kembali oleh orang-orang Yahudi yang pulang dari pembuangan di Babilonia. Demikian fakta Alkitab tentang Gua Adulam.

 

Buat Anda yang tertarik menyaksikan tayangan FAKTA ALKITAB kami, bisa mengunjungi channel kami. Klik DI SINI. 

 

BACA JUGA: 5 Tokoh Alkitab Ini Mau Mengakui Dosanya Dengan Terbuka, Gak Mudah Tapi Harus!

Sumber : jawaban channel
Halaman :
1

Ikuti Kami