Salah Satu Kunci Sukses yaitu Mengatur Keuangan. Inilah 7 Nasihat Warren Buffet untuk Kamu

Finance / 14 May 2022

Salah Satu Kunci Sukses yaitu Mengatur Keuangan. Inilah 7 Nasihat Warren Buffet untuk Kamu

Claudia Jessica Official Writer
4193

Warren Buffet, seorang investor tersukses di dunia. Beliau juga adalah komisaris, direktut utama, sekaligus pemegang saham terbesat idi Berkshire Hathaway. Warren Buffet juga merupakan seorang yang terkenal karena ahli dalam mengatur keuangan.

Kebutuhan kita terus memperlihatkan kenaikan dan kita tetap harus memenuhinya. Hal ini menuntut kita untuk berjuang lebih keras agar bisa mengatur keuangan dengan baik sehingga kita bisa memenuhi segala kebutuhan kita.

Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas 7 nasihat keuangan Warren Buffet yang bisa membuat kamu semakin mahir mengatur keuangan.

 

BACA JUGA: Mampet Bayar Hutang Gara-gara Lagi Pandemi? Gini Cara Atasinya

 

1. Jangan kehilangan uang

Menurut Warren, aturan pertama dalam mengelola keungan adalah jangan kehilangan uang. Jika kamu berinvestasi, usahakanlah untuk melakukan yang terbaik dan hindari kerugian. Jika rugi, maka akan sulut untuk memulai kembali ke awal.

Hal lain dari aturan ini yaitu, dapatkan barang dengan nilai yang tinggi namun, dengan harga yang murah. Selain itu, kamu juga dapat dikatakan kehilangan uang jika kamu membeli barang dengan harga yang tidak sebanding dengan nilai yang kamu dapatkan.

 

2. Lakukan kebiasaan menata yang secara sehat

Kesalahan terbesar dari keuangan yang buruk adalah tidak membangun kebiasaan menabung. Hilangkan kebiasaan yang membuat keuanganmu tidak sehat seperti, mencampur keuangan pribadi dengan keuangan bisnis.

 

BACA JUGA: Cara Atasi Hutang & Menambah Penghasilan, Rahasianya Diungkap di Webinar Solusi Talks Ini

 

3. Menyediakan uang kas

Menata uang kas juga merupakan kunci untuk mengatur keuangan. Pasalnya cadangan kas harus selalu dipertahankan di batasan tertentu. Cadangan ini diperuntukan jika suatu saat kamu mengalami keadaan krisis, sehingga kamu masih memiliki uang simpanan dengan kas yang telah kamu pisahkan sebelumnya.

Amsal 13:11 "Harta yang cepat diperoleh akan berkurang, tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya."

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

 

4. Hindari hutang, terutama hutang kartu kredit

Bunga yang ada di kartu kredit, besar jumlagnya. Menurut Buffet ketika menyampaikan pidato di Notre Dame pada tahun 1991, banyak orang gagal karena kebiasaan meminum minuman keras dan berhutang.

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa berhutang sama sekali. Ketahui kapan kamu boleh berhutang di sini.

5. Berinvestasi pada dirimu

Investasi pada dirimu membuat kemampuanmu lebih meningkat dan berharga. Menurut Buffet, investasi terbaik adalah berinvestasi pada diri sendiri untuk membuat diri semakin meningkat, berkembang dan lebih maju.

Investasi pada diri sendiri tidak akan pernah merugi jika kamu bisa melihat dan mengambil kesempatan untuk mengambil peluang yang ada.

6. Menabur

Menurut Buffet jika kamu adalah 1 dari 1% orang sukses, maka kamu berhutang kepada 99% manusia lainnya. Buffet sendiri menyediakan dana untuk diberikan kepada orang lain yang membutuhkan.

Buffet menyumbangkan sebanyak $2,8 milyar dari saham Berkshire Hathaway untuk 5 badan amal. Ia juga salah satu pendiri The Giving Pledge bersama pendiri Microsoft, Bill Gates dan 130 miliarder lain yang sepakat untuk menyumbangkan uangnya kepada yang membutuhkan.


Baca juga: Dalam 5 Tahun, Hutang Kamu Pasti Akan Lunas Jika Kamu Melakukan Hal Dibawah Ini!


7. Memandang yang untuk jangka panjang

Jika kamu menikmati duduk dibawah pohon yang teduh dan rindang, dan kamu merasa nyaman di bawah sana, kamu perlu ingat bahwa ada seseorang yang menanam dan merawat pohon tersebut.

Hal yang sama juga berlaku bagi uangmu. Jika kamu menanam dan merawat uang tersebut, kamu akan menikmatinya di masa depan. Bahkan anak dan cucumu juga bisa ikut menikmatinya.

Tidak hanya bisnis, keuangan pribadi yang kamu kelola dengan baik dan benar juga akan menghasilkan sesuatu yang baik. Jika Buffet bisa sukses secara finansial, maka kamu juga.

Amsal 13:22 "Orang baik meninggalkan warisan bagi anak cucunya, tetapi kekayaan orang berdosa disimpan bagi orang benar." 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami