Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
420


Salah satu masalah yang sering terjadi dalam keluarga adalah keuangan, dimana masing-masing pasangan tidak mengetahui bagaimana mengalokasikan belanja bulanan.

Nah, kencenderungan yang sering terjadi, mereka membelanjakan uang begitu masuk ke rekening. Apakah kamu begitu saat ini?

Hal ini semakin sulit apalagi kamu yang berpenghasilan tidak tetap selama perbulan, bisa naik dan turun.  Kebiasaan seperti ini bisa menyebabkan kekacauan selama berbulan-bulan dalam keuangan kamu.

Hidup dalam pendapatan yang naik dan turun bisa sangat sulit sekali dan bikin kita tertipu, jadi bagi kamu yang berpenghasilan naik turun, kamu benar-benar membutuhkan anggaran yang lebih baik dan konsisten  melebihi dari mereka yang mendapatkan gaji tetap.

Di jaman ini, banyak sekali yang berpendapatan secara variabel namun terperangkap dalam hutang karena mereka meminjam selama berbulan-bulan dan menghabiskan apa yang mereka hasilkan selama berbulan-bulan dibanding membayarkan yang mereka pinjam.

Teruntuk kamu yang memiliki gaji naik turun, cobalah perhatikan hal dibawah ini :

Pertama. Selalu pisahkan setiap pengeluaran kamu terkait dengan bisnis, seperti perawatan mobil, makan, atau akomodasi hidup dari pengeluaran rumah tangga. Pisahkan rekening giro kamu secara terpisah, pisahkan kartu kredit yang biasa kamu pakai untuk bisnis dengan kartu yang lain.

Kedua, perkirakan pendapatan rata-rata kamu selama setahun. Bagilah estimasi pendapatan tahunan tersebulan menjadi 12 dan kemudian, kembangkan anggaran bulanan tersebut sekitar jumlah itu.

1. Belajarlah mempersiapkan dana yang cukup

Salah satu cara untuk memastikan bahwa dana yang kamu sisihkan cukup untuk memenuhi persyaratan anggaran bulanan kamu adalah dengan menyetor  semua pendapatan kamu ke dalam  rekening tabungan. Kemudian, ketika kamu butuh duit kamu bisa ambil dari situ. Hal ini akan memungkinkan kamu mendapatkan setidaknya duit sisa dari kelebihan belanja di bulan-bulan berikutnya.

Ini bukan penimbunan tapi perencanaan.

Amsal 6:6-8, "Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak: biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen."

Intinya adalah aturlah anggaran keuangan kamu dan rencanakan untuk melunasi utang kamu.

BACA JUGA : Sampai Kapanpun, Kamu Tidak Akan Pernah Bebas Dari Hutang Tanpa Memahami 3 Hal Ini!

2. Melakukan perencanaan keuangan

Amsal 27:12 mengatakan, "Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka."

Rencana keuangan akan membantu kamu untuk membayar hutang dan kemudian akan memberikan pedoman bagi kamu sehingga terhindar dari hutang.

Untuk melakukan perencanaan keuangan, ingatlah hal ini!

- Berikanlah kepada Tuhan bagianNya, yakni persepuluhan dari gaji kotor kamu (Maleakhi 3:10)

- Jangan berhutang lagi termasuk meminjam ke bank, ke teman atau kartu kredit jika kamu nggak mampu melunasinya (Amsal 24:3)

- Mulailah pensiun dari hutang (Mazmur 37:21) mulai dari hal terkecil dulu. Setelah utang yang terkecil dilunasi maka, lunasi hutang yang besar, demikian seterusnya.

Jika langkah-langkah ini kamu ikutan maka kamu akan terbebas dari hutang selama 5 tahun atau lebih.

Intinya adalah melakukan perencanaan akan keuangan adalah hal terpenting dalam program keuangan dimanapun dan apappun, khususnya bagi orang Kristen yang pendapatannya bisa naik ataupun turun.

Hiduplah dalam rencana pengeluaran ya, karena itu akan menghilangkan kekuatiran, kecemasan dan frustasi kamu.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer

Chrisman_ Panjaitan 9 December 2019 - 10:14:37

Saya mohon dukung dia agar saya terlapas dari kesu.. more..

0 Answer

BaiqNur Afriliani 8 December 2019 - 12:19:17

Komunikasi lebih dari sekedar kata-kata. Jelaskan .. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7262

advertise with us