Mampet Bayar Hutang Gara-gara Lagi Pandemi? Gini Cara Atasinya

Mampet Bayar Hutang Gara-gara Lagi Pandemi? Gini Cara Atasinya

Claudia Jessica Official Writer
438

Ditengah menurunnya bisnis serta banyaknya PHK, pemasukan yang tersendat, membuat kita kesulitan membayar hutang atau kredit banyak di masa pandemi ini.

Sebenarnya, ada alternif yang bisa kamu gunakan untuk meringankan beban hutang ini lho. Yaitu dengan melakukan restrukturisasi kredit.

Apa itu restrukturisasi kredit? Restrukturisasi kredit adalah upaya perbaikan yang dilakukan dalam kegiatan perkreditan terhadap debitur yang berpotensi mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajibannya.

Apa aja bentuknya?

1. Suku bunga

Lakukan negosiasi bersama bank untuk menurunkan suku bunga pinjaman agar cicilan menjadi lebih ringan. Terutama pemerintah telah menurunkan suku bunga acuan, jadi kamu bisa mencoba lakukan negosiasi.

Selain meringankan pinjaman, cara ini juga jadi bisa menjadi solusi untuk bank agar tidak kehilangan pendapatan karena gagal bayar.

2. Perpanjang waktu

Selain itu, kita juga bisa meminta perpanjangan waktu kredit. Misalnya, jika waktu cicilan kita tersisa 5 tahun, kita bisa meminta perpanjangan menjadi 10 tahun supaya cicilan tiap bulannya menjadi lebih rendah.

3. Kurangin pokok hutang

Selain itu, kita juga bisa meminta pengurangan pokok hutang jika sudah sangat mendesak banget dan benar-benar gak mampu melunasi hutang.

4. Cuti bayar

Kita juga bisa mengajukan cuti bayar sampai kondisi keuangan pulih. Beberapa bank bahkan sudah memberikan relaksasi kredit seperti ini dalam masa pandemi.

5. Pindah bank

Jika ternyata bank tidak memfasilitasi keempat permintaan di atas, kita bisa memindahkan kredit ke bank lain. Sehingga hutang kita di take-over dengan penawaran point nomor 1-4 tersebut.

Adapun beberapa persyaratan untuk mengajukan restrukturisasi kredit kepada bank yaitu:

1. Debitur mengalami kesulitan pembayaran pokok dan/ atau bunga kredit.

2. Debitur memiliki prospek usaha yang baik dan dinilai mampu memenuhi kewajiban setelah kredit direstrukturisasi.

Nah, buat kamu yang lagi mengalami masalah kredit, semoga cara di atas bisa membantu ya.

Sumber : lifepal

Ikuti Kami