Kenapa Kita Harus Menghakimi Orang Lain? Berikut Kata Alkitab…

Kenapa Kita Harus Menghakimi Orang Lain? Berikut Kata Alkitab…

Lori Official Writer
350

Sebagai manusia, ada banyak dari kita suka membicarakan kesalahan orang lain? 

Sebagian orang menganggap hal ini sebagai sesuatu yang wajar. Bahkan parodi-parodi yang ditayangkan di layar televisi berisi konten-konten penuh bully-an terhadap orang lain.

Tapi tahukah Anda bahwa Alkitab banyak berbicara tentang penghakiman. Yesus dan murid-murid-Nya memahami dengan jelas kecenderungan manusia untuk merendahkan orang lain. Di kalangan orang Kristen, hal ini menjadi sesuatu yang sangat mengkuatirkan.

Lalu apa yang sebenarnya Tuhan sampaikan tentang sikap ‘menghakimi’ orang lain di dalam Alkitab?

1 Samuel 16: 7

Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.

 

Baca Juga: Medsos Bikin Kita Hobi Menghakimi Orang, Rem Kebiasaannya Dengan 6 Ayat Alkitab Ini!

 

Matius 7: 1-5

Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu. Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu. Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu.

2 Korintus 5: 16

Sebab itu kami tidak lagi menilai seorang jugapun menurut ukuran manusia. Dan jika kami pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia, sekarang kami tidak lagi menilai-Nya demikian.

Yakobus 5: 9

Saudara-saudara, janganlah kamu bersungut-sungut dan saling mempersalahkan, supaya kamu jangan dihukum. Sesungguhnya Hakim telah berdiri di ambang pintu.

Yakobus 4: 11-12

Saudara-saudaraku, janganlah kamu saling memfitnah! Barangsiapa memfitnah saudaranya atau menghakiminya, ia mencela hukum dan menghakiminya; dan jika engkau menghakimi hukum, maka engkau bukanlah penurut hukum, tetapi hakimnya. Hanya ada satu Pembuat hukum dan Hakim, yaitu Dia yang berkuasa menyelamatkan dan membinasakan. Tetapi siapakah engkau, sehingga engkau mau menghakimi sesamamu manusia?

 

Baca Juga: Tak Seharusnya Perbedaan Merusak Hubungan Kita, Yuk Bersatu!

 

Yakobus 2: 12-13

Berkatalah dan berlakulah seperti orang-orang yang akan dihakimi oleh hukum yang memerdekakan orang. Sebab penghakiman yang tak berbelas kasihan akan berlaku atas orang yang tidak berbelas kasihan. Tetapi belas kasihan akan menang atas penghakiman.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami