Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
446


Sekarang ini, media sosial sudah menjadi bagian dari setiap kita. Tujuan orang menggunakan media sosial beragam, beberapa ada yang menjadikannya sebagai tempat curhat, ada juga yang menggunakannya memang sebagai hiburan dan sumber informasi tertentu.

Keseruan media sosial yang mudah diakses, membuat kita serba up to date, dan cara penyajian yang tepat membuat kita betah berlama-lama untuk menjelajahinya. Namun, satu hal yang tidak terlepas dari media sosial adalah kecenderungan banyak orang untuk menghakimi orang lain.

Suatu waktu, saya pernah mendapati seorang artis yang dihujani oleh penghakiman-penghakiman tertentu karena sikapnya yang dianggap salah. Seringkali kita menganggap kalau berdiskusi atau mengutarakan kesalahan seseorang lain adalah sesuatu hal yang menyenangkan. Padahal, tentu saja sebagai orang Kristen kita tidak diajarkan demikian.

Kita pasti tahu kalau kita nggak berhak buat menghakimi orang lain, sebab kita sendiri nggak luput dari kesalahan dan dosa. Yesus dan para rasul menyadari kecenderungan manusia yang suka menghakimi orang lain ini, kok.

Dibawah ini adalah beberapa kumpulan ayat Alkitab yang berisikan alasan buat kita untuk tidak menghakimi orang lain.

1. 1 Samuel 16:7

“Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: “Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.”

2. Matius 7:1-5

“Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.

Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui? Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu.

Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu.”

Baca juga: Sulitnya Ketahui Kehendak Tuhan Sama Seperti Pikul Salib, Ini Sebabnya!

3. 2 Korintus 5:16

“Sebab itu kami tidak lagi menilai seorang jugapun menurut ukuran manusia. Dan jika kami pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia, sekarang kami tidak lagi menilai-Nya demikian.”

4. Yakobus 5:9

“Saudara-saudara, janganlah kamu bersungut-sungut dan saling mempersalahkan, supaya kamu jangan dihukum. Sesungguhnya Hakim telah berdiri di ambang pintu.”

5. Yakobus 4:1-12

“Saudara-saudaraku, janganlah kamu saling memfitnah! Barangsiapa memfitnah saudaranya atau menghakiminya, ia mencela hukum dan menghakiminya; dan jika engkau menghakimi hukum, maka engkau bukanlah penurut hukum, tetapi hakimnya. Hanya ada satu Pembuat hukum dan Hakim, yaitu Dia yang berkuasa menyelamatkan dan membinasakan. Tetapi siapakah engkau, sehingga engkau mau menghakimi sesamamu manusia?”

6. Yakobus 2:12-13

“Berkatalah dan berlakulah seperti orang-orang yang akan dihakimi oleh hukum yang memerdekakan orang. Sebab penghakiman yang tak berbelas kasihan akan berlaku atas orang yang tidak berbelas kasihan. Tetapi belas kasihan akan menang atas penghakiman.”

Menghakimi orang lain bukanlah sebuah hiburan yang harus kita nikmati saat berselancar di media sosial. Sosial media sudah jadi konsumsi sehari-hari, untuk itu kita juga harus bisa bijak dalam menyikapinya. Mari bangun pertemanan lewat media sosial, bukan justru sebaliknya, ya. 

Sumber : cbn

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7228

advertise with us