3 Pertanyaan Ini Perlu Anda Jawab Jika Anda Menyebut Diri Seorang Pemimpin
Sumber: WAQ Indonesia

Finance / 14 October 2021

Kalangan Sendiri

3 Pertanyaan Ini Perlu Anda Jawab Jika Anda Menyebut Diri Seorang Pemimpin

Lori Official Writer
3313

2. Apakah Anda sudah memimpin dan mengarahkan karyawan Anda dengan cara yang tepat?

Sebuah penelitian kepemimpinan menemukan bahwa untuk menjadi seorang pemimpin yang efektid Anda harus memimpin dan mengarahkan orang yang Anda pimpin untuk membuat mereka berkembang lebih baik.

Dengan kata lain, seorang leader harus punya visi ke depan, tujuan dan harapan yang jelas, lalu membagikan visi tersebut kepada karyawan sehingga sebagai tim Anda bisa meraih visi, tujuan atau harapan tersebut dengan semangat yang sama.

Semua bawahan selalu menunggu pemimpinnya untuk menunjukkan arah dan tujuan. Sehingga mereka bisa mengikuti apa yang seharusnya pemimpin harapkan untuk mereka kerjakan. 

 

Baca Juga: Sekarang Bukan Jaman Kolonial, Tapi Milenial Guys, Miliki 7 Sikap Servant Leaders Ini Agar Sukses

 

3. Apakah Anda anti kritikan atau mau menerimanya untuk kebaikan? 

Banyak pemimpin yang anti kritikan. Banyak pemimpin yang tidak mau mendengar pandangan atau pemikiran karyawannya. 

Tetapi untuk menjadi pemimpin yang benar-benar efektif, Anda memerlukan kritikan untuk memacu diri Anda menjadi lebih baik. Dengan kritikan Anda bisa berusaha belajar untuk melayani orang lain dengan lebih baik lagi. 

Bahkan kritikan yang paling menyakitkan sekalipun penting untuk didengarkan demi mendorong Anda mengevaluasi diri dan mengubah sisi-sisi yang membuat karyawan tidak nyaman bekerja dengan Anda.

Definisi sejati menjadi seorang pemimpin di dalam Alkitab ditulis dalam 1 Petrus 5: 2-3:

“Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri. Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu.”

 

Baca Juga: #KataAlkitab – Memilih Seorang Pemimpin yang Benar

 

Alkitab menuliskan begitu banyak nilai-nilai kepemimpin. Bahkan banyak pemimpin-pemimpin di dalam Alkitab yang bisa Anda pelajari teladannya. Bahkan Raja Salomo mengajarkan banyak hikmat yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin. Jadi, jika Anda menyebut diri Anda sebagai pemimpin terbukalah untuk bertanya kepada diri sendiri, sudahkah Anda menjadi pemimpin yang memberi kesan mendalam kepada orang-orang yang Anda pimpin?

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami