Biarkan Kebenaran, Damai Sejahtera dan Sukacita Tuhan Tinggal Dalam Hidupmu

Biarkan Kebenaran, Damai Sejahtera dan Sukacita Tuhan Tinggal Dalam Hidupmu

Lori Official Writer
      1675

Roma 14: 17

Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 55; Kisah Para Rasul 27; Imamat 21-23

Pernahkah kamu mengalami sukacita dan damai sejahtera oleh Roh Kudus? Apa yang kamu rasakan?

Salah satu indikasi dari mengalami damai sejahtera dan sukacita adalah kita menjadi lebih tenang - sama sekali tidak ada rasa cemas, kuatir dan takut.

Roh Kudus menaruh damai sejahtera dan sukacita di dalam hati kita ketika kita mau menghidupi kebenaran firman Tuhan setiap hari. Dengan kata lain, dimana ada Roh Kudus di situ kerajaan Allah hadir.

Kebenaran, damai sejahtera dan sukacita adalah tiga hal penting dalam kehidupan rohani. Kebenaran menggambarkan tentang keintiman kita dengan Tuhan. Damai sejahtera bicara tentang hubungan kita dengan sesama kita. Sebagaimana disampaikan dalam Roma 12 ayat 18, ‘Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!’ Sehingga kita mencerminkan karakter Yesus, sang pembawa damai. Sementara sukacita adalah ekspresi luar yang kita tunjukkan sebagai bentuk rasa puas kita atas segala hal yang Tuhan sudah sediakan di dalam hidup kita.

Supaya ketiga hal ini bekerja bersamaan di dalam hidupmu, kamu perlu memiliki kesadaran akan pentingnya memelihara kehidupan rohani. 

Kehidupan rohani akan terbangun saat makanan rohaninya terpenuhi. Dan kamu bisa mendapatkannya dari firman Tuhan. 

Musa  dalam Ulangan 8 ayat 3 menyampaikan bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari segala yang diucapkan Tuhan yaitu Firman-Nya. Begitu juga dikatakan oleh Paulus dalam Roma 14 ayat 17, bahwa kerajaan Allah ‘bukan soal makanan dan minuman’ saja.

Mungkin kamu sedikit bingung memahaminya dan bertanya ‘Bagaimana mungkin firman Tuhan bisa membuat manusia hidup?’ 

Kamu pasti tahu tentang kisah Yesus yang dicobai di padang gurun selama 40 hari. Dia dicobai oleh si iblis ketika Yesus berada dalam kelemahan fisik. Namun Yesus mampu membungkam rayuan si iblis dengan memperkatakan kebenaran firman Tuhan.

Karena itulah seorang murid Kristus harus memenuhi makanan rohaninya dengan firman Tuhan setiap hari. Sebab setiap orang yang hidup dari kebenaran akan dimerdekakan dari segala dosa dan ikatan kuasa kegelapan.   

Kalau kamu ingin masuk dalam kerajaan Allah, hal utama yang kamu butuhkan adalah firman Tuhan. Saat kamu mengutamakan firman Tuhan, kebenaran akan mengalirkan damai sejahtera dan sukacita dalam hidupmu. Kamu tidak akan pernah merasa kering dalam hidup.

Tuhan mau kamu selalu dekat dengan Dia, sehingga setiap kali ancaman dunia ini muncul Ia lebih leluasa bekerja melaluimu. Karena tak satupun dari godaan dunia ini yang tidak mampu ditaklukkanNya. Percayalah bahwa kebenaran akan selalu memang!

Jadi, sudahkah kamu lebih mengutamakan makanan rohani daripada makanan jasmani setiap hari? Ambil komitmen malam ini untuk mengejar kebenaran-Nya setiap hari. 

Mari buka hatimu saat ini dan undang Tuhan untuk memperbaharui hidupmu. 

Mari kita berdoa. 

Terima kasih Tuhan atas kebenaran firman yang disampaikan pada hari ini. Engkau mengingatkan aku bahwa yang terpenting dalam hidup ini bukan soal mengejar kebutuhan jasmani saja. Tetapi yang terpenting dari segalanya adalah menjadi bagian dari Kerajaan Allah. 

Saat ini, aku mau menyerahkan setiap ambisi yang masih kami genggam dan yang kerap membuat kami kecewa dan kehilangan damai sejahtera dan sukacita. Aku mau taruh di bawah kakiMu, karena aku tahu bahwa hanya di dalam Engkau saja aku akan mengalami kepuasan hidup.

Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin

Ikuti Kami