Menangis Bikin Dehidrasi dan Sakit Kepala?

Menangis Bikin Dehidrasi dan Sakit Kepala?

Claudia Jessica Official Writer
1525

Kamu pasti pernah menangis bukan? Alasannya pun bervariasi. Kehilangan orang yang disayang, putus cinta, merasa bahagia, efek menonton film atau mungkin karena frustasi dan depresi. Hal tersebut sangatlah wajar. Namun beda penyebabnya, maka beda pula tingkat emosi yang kita rasakan.

Saat kita menangis biasanya tubuh akan kehilangan sejumlah cairan, karenanya minumlah air yang cukup untuk menghindari dehidrasi yang bisa menyebabkan sakit kepala. Ketika kita menangis, saluran air mata akan mengeluarkan kombinasi dari air, minyak dan lendir ke mata.

Baca juga: 6 Obat Tradisional Yang Ampuh Untuk Sakit Kepala Serta Mudah Ditemukan!

Ada 3 jenis air mata yaitu mata basal untuk melindungi mata, air mata refleks atau air mata yang keluar secara refleks untuk merespon iritasi, dan yang terakhir adalah air mata emosi.

Sejumlah air pun bisa berjalan melalui lubang kecil di sisi kelopak mata mengalir ke rongga hidung, inilah yang menyebabkan keluarnya ingus.

Sebuah penelitian dalam jurnal "Headache" telah membuktikan, bahwa menangis saat memotong bawang atau ketika bahagia tidak akan menyebabkan sakit kepala. Tapi, jika menangis disertai emosi negatif, maka efek sakit kepala tersebut bisa muncul.

 

Louann Brizendine, seorang dokter ahli saraf di University of California, San Francisco menuturkan ketika seseorang mengalami rasa sakit fisik, kesedihan emosional serta frustasi maka amygdala otak yang merupakan bagian dari sistem limbik (emosional otak) akan mendapatkan sinyal.

Jika stimulus atau rangsangan yang didapatkan cukup besar, maka energi bisa berpindah dari area emosional ke dalam bagian frontal motor strip. Kondisi inilah yang akan membuat seseorang tersedu-sedu ketika bernapas saat nangis, seperti dikutip dari Wall Street Journal.

Baca juga: Gawat, Sering Dianggap Sakit Kepala Biasa, Nyatanya 7 Hal Ini Buktikan Kamu Kena Migrain

Ketika kita menangis, tubuh kita pun melepaskan hormone stress. Hormon ini secara alami menyebabkan perubahan dalam tubuh, termasuk menyebabkan sakit kepala.

Menangis juga menyebabkan kehilangan cairan tubuh. Inilah yang membuat kita kelelahan sehabis menangis. Rasa pusing, haus yang ekstrem, dan mulut kering secara bersamaan merupakan gejala dehidrasi parah yang bisa memicu kontraksi otot, tekanan darah rendah dan perut kembung.

Tidak hanya sampai disana, kelamaan menangis juga bisa membuat air mata terkontaminasi dengan udara yang masuk ke rongga hidung, yang menyebabkan hidung tersebut meradang. Bagi mereka penderita sinus, ini akan menimbulkan sakit kepala yang disertai dengan denyut nyeri di antara mata dan hidung.

Kemudian selain melepaskan hormone stres, menangis juga bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh yang membuat saraf wajah terganggu. Gangguan saraf wajah ini sering kali dikaitkan dengan migraine dan sakit kepala serius lainnya.

Lalu kalau sudah begini, apa yang sebaiknya kita lakukan untuk menyembuhkannya?

1.     Istirahat

2.     Minum Air

3.     Konsumsi Obat Analgesik

4.     Pijat Kepala

Keempat hal di atas dapat segera membantumu meredakan sakit kepala serta menghindari diri dari dehidrasi. Jika sakit tak kunjung sembuh selama 7 hari atau lebih, segera konsultasi dengan dokter.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Stres Berlebihan Bisa Bikin Kamu Sakit Kepala Berkepanjangan!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami