#FaktaAlkitab: Rahasia Keledai Bileam Bicara Bahasa Manusia

#FaktaAlkitab: Rahasia Keledai Bileam Bicara Bahasa Manusia

Lori Official Writer
725

Bileam bin Beor adalah seorang tokoh yang ditulis dalam kitab Taurat Perjanjian Lama Alkitab Kristen. Namanya juga kerap disinggung dalam beberapa kitab Perjanjian Baru. Kisah hidupnya dicatat terutama dalam Kitab Bilangan 22-24.

Bileam ternyata pernah melakukan kesalahan dan hampir dibunuh oleh malaikat. Tetapi hal itu tidak terjadi karena ada seekor binatang yang menyadarkan Bileam. Ya, bintang tersebut adalah keledai dan kejadian ini terjadi di tahun 1500-an SM.

 

Profesi Bileam

Bileam adalah seorang juru tenung (Yosua 13:22), dan biasa menerima upah jasa dalam menenung seseorang (Bilangan 22:7). Namanya bisa berarti menelan atau pelahap, cocok dengan gambaran karakternya, yang selalu menerima upah untuk menyakiti orang. Dia akan melahap upah menenung, sekalipun akibat tenungannya ada yang jadi korban. 

Bileam cocok dengan gambaran para dukun santet, yang tidak segan-segan mensantet orang lain yang tidak dikenalnya, dan tidak punya urusan dengannya, hal tersebut dilakukannya demi uang. 

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Perpuluhan yang Dilakukan oleh Nenek Moyang Orang Kristen

 

Dalam 2 Petrus 2:15, para guru palsu yang suka upah, dan selalu melakukan segala sesuatu demi upah digambarkan sebagai Bileam. Istilah masa kini Bileam disebut sindrom gila uang, pelahap uang, dan demi uang semua cara menjadi legal.

Bahkan Flavius Yosefius, seorang ahli sejarah Yahudi, menyebut Bileam bukan hanya tukang tenung, namun juga memiliki kemampuan meramal dan memiliki sihir. 

 

Kesalahan Bileam

Orang-orang Israel sedang bergelandangan melewati padang gurun, dan mereka baru saja mengalahkan beberapa negeri di Kanaan. Balak, raja Moab, melihat semua itu dan menjadi gentar kepada orang-orang Israel dan dia mulai memikirkan apa yang bakal terjadi kepada mereka. Balak khawatir, bangsanya akan menjadi korban selanjutnya sehingga ia mulai mencari ‘asuransi’ dengan berusaha mencari perlindungan dari Bileam agar ada dipihaknya.

Balak mengirim utusan kepada Bileam dengan pesan: “Ketahuilah, ada suatu bangsa keluar dari Mesir; dan mereka sedang berkemah di depanku. Karena itu, datanglah dan kutuk bangsa itu bagiku mungkin aku sanggup mengalahkannya dan menghalaunya dari negeri ini, sebab aku tahu: siapa yang kauberkati, dia beroleh berkat, dan siapa yang kaukutuk, dia kena kutuk.” (Bilangan 22: 5-6)

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami