#FaktaAlkitab: Rahasia Keledai Bileam Bicara Bahasa Manusia
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 29 August 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Rahasia Keledai Bileam Bicara Bahasa Manusia

Lori Official Writer
5324

Rupanya, selama ini Bileam telah membangun reputasi yang hebat. Jika dia mengatakan seseorang itu diberkati, mereka benar-benar diberkati. Dan jika dia mengatakan bahwa mereka dikutuk, maka tamatlah riwayat mereka. Sejarah Bileam tidak pernah dituliskan sebelum Bilangan 22, namun dapat dianalisa bahwa Tuhan berbicara kepadanya, dan Allah terasa sangat familiar dengan Bileam. 

Lalu Balak mengutus tua-tua Moab dan para tua-tua Midian untuk bertemu Bileam, dengan membawa ‘upah penenung’. Dari pertemuan tersebut Bileam menyuruh para utusan Balak untuk pulang setelah ia mendengar suara Tuhan untuk tidak pergi menemui Balak. Balak lalu kembali mengirim utusan lebih banyak dan lebih terhormat dari yang pertama untuk menemui Bileam dengan bekal upah yang lebih besar.

Bileam kemudian kembali bertanya kepada Tuhan apa yang harus ia lakukan, dan Tuhan menyuruhnya untuk pergi kepada Balak, namun dengan pesan bahwa Bileam hanya akan berkata sesuai dengan yang Tuhan firmankan.

 

Keledai Bileam Berbicara 

Allah tidak menginginkan umatNya mendapatkan kutuk Bileam. Allah lalu mengirimkan malaikat-Nya untuk menghadang jalan yang akan dilalui Bileam. Ketika dihadang malaikat maka keledai Bileam menghindarinya, meskipun Bileam yang tidak bisa melihat malaikat itu memukulnya.

Pada kali ketiga keledai Bileam menghindar dari malaikat dan kena pukul, tiba-tiba keledainya dapat berbicara dan memprotes Bileam yang memukulnya tiga kali. 

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Tokoh Alkitab Ini Hidup Bersama Binatang Langka yang Pernah Ada di Alkitab

 

"Apakah yang kulakukan kepadamu, sampai engkau memukul aku tiga kali?" tanya si keledai (Bilangan 22:28). Kemudian keledai Bileam kembali berbicara, "Bukankah aku ini keledaimu yang kautunggangi selama hidupmu sampai sekarang? Pernahkah aku berbuat demikian kepadamu?" (Bilangan 22:30). Barulah saat itu Bileam dapat melihat malaikat yang membawa pedang terhunus siap membunuhnya.

Bileam kemudian diperingatkan oleh malaikat agar hanya mengatakan apa yang diperintahkan oleh Allah. Setelah itu ia kembali melanjutkan perjalanannya.

 

Kutuk Israel Berubah Menjadi Ucapan Berkat

Ketika Balak mendengar bahwa Bileam datang, keluarlah ia menyongsong Bileam sampai ke Kota Moab di perbatasan sungai Arnon. Lalu keduanya pergi ke Kiryat-Huzot. Disitu Balak mengorbankan beberapa hewan. 

Keesokannya keduanya kembali mendaki bukit Baal dimana sejauh mata memandang terlihat jelas orang-orang Israel berkemah. Di sana Bileam kemudian mendirikan mezbah korban bakaran dan mengorbankan beberapa hewan lembu sapi dan kambing domba. 

Tuhan lalu datang dan kembali mengingatkan Bileam bahwa ia hanya boleh berkata-kata sesuai dengan apa yang akan Tuhan sampaikan padanya. Benar saja, saat Balak menyuruh Bileam mengutuki orang Israel maka atas firman Tuhan Bileam lalu balik memberkati orang Israel (Bilangan 23 - 24). 

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami