#FaktaAlkitab: Rahasia Keledai Bileam Bicara Bahasa Manusia
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 29 August 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Rahasia Keledai Bileam Bicara Bahasa Manusia

Lori Official Writer
5447

Bileam Menghancurkan Israel Melalui Nasihatnya

Membaca keseluruhan Bilangan 22-24 membuat kita terkesan pada Bileam. Wacana untuk mengutuk Israel berubah menjadi berkat karenanya. Di awal kita melihat bahwa Bileam memiliki profesi sebagai penenung, maupun peramal dengan tujuan untuk mendapatkan upah. Namun kita takjub dengan Bileam, sepertinya ia sudah sadar, dan saat ia pulang terlihat semuanya baik-baik saja. 

Namun perhatikan ‘nasihat’ yang diberikan Bileam kepada Balak. Kita tidak diberitahu langsung di sini apa nasihat itu, tetapi jika kita meneruskan pembacaan maka kita akan mendapatkan gambarannya.

Dalam Bilangan 25 diceritakan bagaimana Israel melacurkan diri dengan anak-anak Moab dan mereka turut mengambil bagian di dalam penyembahan berhala. Karena hal tersebut maka Tuhan memerintahkan Musa dan para hakim untuk membunuh semua pria yang telah mengikatkan diri kepada Baal.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab : Ada Apa dan Seperti Apa Tabernakel dan Bait Suci Kaum Israel?

 

Rupanya Bileam memberikan nasihat buruk kepada Balak sehingga terjadi penyimpangan yang luar biasa diantara orang Israel. Dalam Bilangan 31:16, Musa berkata, “Bukankah perempuan-perempuan ini, atas nasihat Bileam, menjadi sebabnya orang Israel berubah setia terhadap TUHAN…”

Hal ini juga ditegaskan dalam Kitab Wahyu 2: 14, yang berkata, “Tetapi Aku mempunyai beberapa keberatan terhadap engkau: di antaramu ada beberapa orang yang menganut ajaran Bileam, yang memberi nasihat kepada Balak untuk menyesatkan orang Israel, supaya mereka makan persembahan berhala dan berbuat zinah.” 

Bileam memang tidak dapat mengutuk Israel, tetapi dia memberikan sedikit nasihat kepada Balak, yang kemudian membuat orang Israel menyimpang dari jalan Tuhan.  Akibat penyimpangan tersebut maka hukuman datang hingga menewaskan 24.000 orang (Bilangan 25:9).

Kehidupan Bileam akhirnya berakhir di tangan orang Israel, ia mati saat Israel berperang dengan bangsa Midian (Bilangan 31:8).

 

Itulah kisah Keledai yang mampu berbicara layaknya manusia yang kisahnya tidak dapat dipisahkan dari tuannya, Bileam. Menurut kalian mengapa Tuhan mau memakai Bileam untuk memberkati Israel, bukankah Bileam itu seorang peramal, tapi mengapa dia bisa memahami suara Allah untuknya? Tulis komentar kalian di bawah ya.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami