Konflik Israel-Hamas Terus Memanas! Begini Sejarah Genosida Pemusnahan Bangsa Israel
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 19 October 2023

Kalangan Sendiri

Konflik Israel-Hamas Terus Memanas! Begini Sejarah Genosida Pemusnahan Bangsa Israel

Claudia Jessica Official Writer
7498

Genosida Yahudi di Persia

Pembantaian kaum Yahudi juga hampir saja terjadi di Persia. Kaum Yahudi ini ialah sisa-sisa penduduk Yerusalem yang dibuang ke Babel. Ketika itu Haman, salah satu petinggi di Persia, berikhtiar untuk membinasakan seluruh kaum Yahudi di wilayah Persia.

Ester yang ketika itu menjadi ratu atas kerajaan tersebut tampil di depan raja Ahasyweros dengan mengungkapkan idenditasnya aslinya yang merupakan seorang Yahudi. Ester menyampaikan perihal tentang rencana pemusnahan kaumnya di hadapan raja. Karena hal itu raja kemudian mengeluarkan kebijakan dimana setiap orang Yahudi di wilayahnya berhak untuk membela diri jika ada yang ingin menyerang mereka.

Atas perkenanan Tuhan maka kaum Yahudi selamat dari pembantaian, luput dari kemusnahan dan bersyukur dengan berpesta besar yang kemudian diperingati sebagai hari perayaan Purim.

 

Yerusalem di hancurkan tahun 70 Masehi

Pengepungan Yerusalem terjadi pada tahun 70 Masehi. Pengepungan ini adalah peristiwa penting dalam perang Yahudi dan Romawi. Tentara Romawi yang dipimpin oleh Titus, mengepung dan menaklukan kota Yerusalem, yang dikuasai oleh orang Yahudi. Penghancuran ini dilakukan secara habis-habisan. Kota Yerusalem dan Bait Suci Kedua hancur, dan hanya menyisakan tembok barat atau Tembok Ratapan.

Peristiwa Kehancuran Yerusalem juga dikaitkan dengan nubuatan Yesus dalam Matius 24:2. John Wesley, pendiri Metodisme, (dan para sarjana Alkitab lainnya) menyatakan bahwa nubuat ini "secara tepat digenapi", ketika bangunan Bait Suci itu dibakar, dirobohkan dan landasannya digali serta dibuang atas perintah jenderal Romawi, Titus pada waktu kehancuran Yerusalem tahun 70 M.

Flavius Yosefus, sejarawan Yahudi pada saat itu, menuliskan bahwa kota ini "hampir seluruhnya diratakan dengan tanah oleh mereka yang menghancurkannya sampai fondasinya, sehingga tidak ada yang tersisa yang pernah dapat meyakinkan para pengunjung bahwa di situ pernah menjadi suatu tempat pemukiman.”

Selain kehilangan banyak korban jiwa dari orang-orang Yahudi, hancurnya Yerusalem dan Bait Allah, orang romawi juga mendeportasi orang-orang Yahudi sebagai budak di seluruh Kekaisaran Romawi.

Karena Kekaisaran ini begitu luas, orang-orang Yahudi tersebar di seluruh dunia. Sejarah mencatat, meskipun bangsa Israel atau orang Yahudi beberapa kali mengalami upaya pembantaian atau genosida, namun nyatanya hingga hari ini Israel keturunan Yakub masih ada.

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
1234Tampilkan Semua

Ikuti Kami