Melatih Guru Sekolah Minggu Agar Bisa Melayani Anak Spesial

Melatih Guru Sekolah Minggu Agar Bisa Melayani Anak Spesial

Claudia Jessica Official Writer
230

Sekolah minggu seharusnya juga memfasilitasi anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) agar bisa membina iman seperti anak lainnya. Untuk itulah Superbook mengadakan Super Teacher Online yang ke-8 dengan tema Melayani Generasi ‘Spesial’ (ABK) pada 21-24 Juni 2021 ini.

Dalam Training Super Teacher Online kali ini, Guru Sekolah Minggu (GSM) diajarkan bagaimana memahami karakteristik, kelebihan maupun kekurangan, dan bagaimana mengembangkan anak-anak spesial ini. 

BACA JUGA: Masuki 2021, Guru Sekolah Minggu Terus Upgrade Diri

GSM diajak mengenal contoh-contoh ABK, diantaranya autisme, cerebral palsy, down syndrome, ADHD, intelectual disability, epilepsy, disleksia, conduct disorder, dll. Banyak GSM yang akhirnya mulai memahami ABK ini dan akan berusaha memberikan penanganan khusus kepada anak-anak tersebut. Mereka juga terberkati dengan adanya training seperti ini, karena masih banyak gereja-gereja yang kurang memperhatikan dan menyediakan fasilitas memadai untuk ABK. 

 

Kesaksian GSM :

LIDIYA

Webinar ini sangat memberkati dan bermanfaat untuk saya, sebagai guru di sekolah minggu dan guru agama di sekolah swasta di Gresik. Saya banyak menghadapi anak yang lambat memahami pelajaran. Saya dulu berpikir mereka seperti itu karena keluarga yang kurang memperhatikan. Tapi webinar ini membuat wawasan saya terbuka dan bertekad untuk mendampingi mereka. Kiranya Tuhan memenuhi hati saya dengan kasih-Nya.

 

HARDI

Materinya bagus dan seru! Kak Siska memberikan pemahaman yang baru tentang pelayanan generasi 'spesial'. Sebagai orang tua dengan anak spesial, saya terharu karena Superbook mengangkat tema ini.

 

BACA JUGA: Training Superteacher, Perlengkapi Guru Sekolah Minggu Jadi Makin Kreatif

 

 LEA

Materinya sangat memberkati dan membuat saya paham tentang anak autis. Sebenarnya saat saya di Surabaya ada anak berkebutuhan khusus yang dekat dengan saya. Saya belajar bahwa untuk menghadapi anak autis membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Tidak bisa dengan cara yang keras. Di Sidoarjo saya juga pernah dititipkan anak down syndrome. Makanya saya merasa materi ini sangat menjawab kebutuhan kami.

 

NOVI

Materinya sangat menarik dan kita menjadi tahu bahwa anak-anak yang kita didik selama ini ada beberapa yang berkebutuhan khusus. Kita jadi tahu bagaimana menangani dan membantu mereka baik dalam hal kerohanian maupun sekuler (sekolah). Saya sangat terberkati rasanya ingin dengar lebih banyak lagi materi ini.

BACA JUGA: Play and Learn Bersama Guru-guru Sekolah Minggu Se-Indonesia!

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami