#FaktaAlkitab : Arti Lambang-lambang di Kitab Wahyu
Sumber: jawaban

Fakta Alkitab / 27 June 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab : Arti Lambang-lambang di Kitab Wahyu

Lori Official Writer
9519

Demi iman kepercayaan kepada Yesus yang terus mereka pertahankan maka mereka rela untuk dianiaya dan dibunuh. Hal ini menyebabkan banyak orang Kristen yang menjadi martir. Rasul Yohanes menjadi salah satu korban kekejaman Kaisar Domitian.

 

Thema atau Tujuan Kitab Wahyu

Tujuan utama Kitab Wahyu adalah menghibur orang kristen atau gereja dalam pergumulannya melawan kekuatan kejahatan. Kitab ini penuh dengan pertolongan dan penghiburan bagi orang kristen yang dianiaya dan menderita karena Kristus atau karena Injil kebenaran.

Dr. Knox Chamblin, seorang pendeta dan profesor Perjanjian Baru di Reformed Theological Seminary di Jackson, Mississippi menyatakan, “Kitab Wahyu ditulis untuk menawarkan penghiburan dan pengharapan kepada orang-orang Kristen yang terkepung dan tertindas pada bagian akhir dari abad pertama. Kitab Wahyu direncanakan khusus untuk umat Allah yang menderita.” 

 

Tujuh Gereja di Asia

Yang dimaksud dengan tujuh Jemaat di Asia Kecil adalah Tujuh Jemaat di Provinsi Romawi yang ada di wilayah Asia Kecil. Yohanes diperintahkan untuk menulis surat kepada ketujuh gereja tersebut, yaitu  Efesus (Wahyu 2:1-7), Smirna (Wahyu 2:8-11), Pergamus (Wahyu 2:12-17), Tiatira (Wahyu 2:18-29), Sardis (Wahyu 3:1-6), Filadelfia (Wahyu 3:7-13), dan Laodikia (Wahyu 3:14-22). 

Surat tersebut memiliki pola yaitu: Alamat Surat, Sifat Kristus, Pujian untuk Jemaat, Kritikan, Tuntutan, Ancaman, dan Janji. Ada perkecualian bagi jemaat di Laodikia yang tidak dipuji, dan jemaat di Smirna dan Filadelfia yang tidak dikritik.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab Akhir Zaman Terlihat Dari Lokasi Ini!

 

Simbolisme Dalam Kitab Wahyu

Dalam usaha memahami simbolisme kitab Wahyu, Merril C. Tenney, Profesor bidang Perjanjian Baru dari Amerika, menggolongkan lambang-lambang dalam kitab ini ke dalam tiga kategori :

Pertama, simbol-simbol yang secara definitif dijelaskan dengan istilah-istilah yang sama seperti simbol tujuh bintang yang diartikan sebagai ‘malaikat’ dari tujuh jemaat (Wahyu 1:20). 

Tujuh kaki dian, yaitu tujuh jemaat di Asia Kecil (Wahyu 1:20), Tujuh obor menyala-nyala, yaitu tujuh Roh Allah (Wahyu 4:5), dan masih ada lagi.

Kedua, simbol-simbol yang tidak dijelaskan tetapi diambil dari latar belakang Perjanjian Lama, yang konteksnya dapat menolong kita untuk memahami maksudnya. Simbol-simbol tersebut antara lain: Pohon kehidupan (Wahyu 2:7 dengan Kej. 3:22),  Manna yang tersembunyi (Wahyu 2:17 dengan Kel. 16:31), Tongkat besi (Wahyu 2:27 dengan Kel. 4:20), Bintang timur (Wahyu 2:28 dengan Yes. 14:12). Kunci Daud (Wahyu 3:7 dengan Yes. 22:22), dan masih ada lagi.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

Sumber : Jawaban
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami