#FaktaAlkitab: Paku Yang Dipakai Untuk Menyalibkan Yesus Kristus

#FaktaAlkitab: Paku Yang Dipakai Untuk Menyalibkan Yesus Kristus

Puji Astuti Official Writer
18712

Peristiwa penyaliban adalah sentral dari ke-Kristenan, karena disanalah puncak penggenapan dari nubuatan penebusan yang dilakukan oleh Sang Mesias, yaitu Yesus Kristus. Itu sebabnya setiap detil dari penyaliban Kristus itu sangat menarik untuk diteliti lebih mendalam, salah satunya adalah bagaimana Yesus dipaku di kayu Salib. Paku seperti apakah yang digunakan sehingga bisa menopang tubuh manusia di kayu Salib? 

Kali ini JC Channel dan Museum Lembaga Alkitab Indonesia secara khusus mengupas tentang paku yang digunakan pada saat Yesus disalibkan itu.

"Ada beberapa cerita mengenai jumlahnya, ada yang bilang tiga dan ada yang bilang empat. Sebenarnya berapa sih paku yang dipakai pak?" demkian pertanyaan yang diajukan oleh Bung Marcel, Host JC Channel kepada Bambang Kristanto Sitompul,S.Si, Kabid Museum Lembaga Alkitab Indonesia.


"Tidak ada catatan pasti berapa paku yang dipakai," demikian jawab Bambang. 

"Ini tergantung seperti apa kita menggambarkan atau visualisasikan saat Tuhan Yesus disalibkan. Jika yang menyebutkan empat, berarti tangan dan kaki masing-masing mendapatkan satu paku. Namun jika visualisasinya satu di tangan kiri, satu di tangan kanan dan satu di kaki, maka tiga," demikian jelasnya. 

Baca juga: Apakah Jika Saya Lahir Baru, Jatuh Dalam Dosa Lagi Akan Kehilangan Keselamatan?

Ukuran paku

"Yang umum digunakan oleh masyarakat di masa Yesus hidup dari hasil penggalian arkeologis panjangnya dikisaran 13 hingga 18 sampai 20 cm. Dengan kepalanya berdiameter sekitar 1 cm," ungkap Bambang. 

Museum Lembaga Alkitab Indonesia sendiri memiliki koleksi paku ukuran sekitar 18 cm, namun tampilan pakunya jauh berbeda dengan paku yang digunakan di jaman sekarang ini. Paku kuno ini bentuknya bergerigi segi empat atau segi tiga dan runcing, tidak seperti paku jaman sekarang yang bentuknya bulat memanjang dengan ujung runcing. 


Paku yang digunakan di kaki dan di tangan apakah ukurannya beda?

"Bisa jadi ukurannya sama saja," demikian pendapat Bambang. 

Beberapa ahli yang melakukan penelitian tentang penyaliban yang dilakukan oleh Bangsa Romawi kuno menemukan bahwa beberapa orang yang disalibkan tangannya juga diikat dikayu, sehingga berat tubuh tidak hanya bertumpu pada paku saja. Namun apakah hal ini dilakukan juga pada Yesus, tidak ada bukti tentang hal tersebut. 

Namun yang tertulis dalam Alkitab menjelaskan bahwa Yesus memiliki bekas paku pada tangan dan kakinya, hal ini jelas saat peristiwa Tomas yang ragu hingga Yesus menampakkan diri kepadanya dan menunjukkan luka pada tangan dan lambung-Nya.

Baca juga: #FaktaAlkitab: Terbongkar! Rupanya Lokasi Ini Jadi Tempat Yesus Naik Ke Surga


"Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah." ~ Yohanes 20:27

Pesan yang sama juga berlaku untuk kita, jangan menjadi seperti Tomas yang percaya karena melihat bukti, namun percayalah akan karya Kristus di kayu Salib dengan iman (Roma 10:9-10), bahwa melalui penderitaan-Nya, kematian-Nya dan kebangkitan-Nya, kita sudah ditebus dari dosa-dosa kita (Roma 3:23-24), dan setiap kutuk serta sakit penyakit kita sudah ditanggung oleh Dia (Yesaya 53:4), sehingga kita layak menerima kehidupan kekal dan juga hidup dalam segala kelimpahan (Yohanes 10:10). 

Sudahkah kamu menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamatmu secara pribadi? Jika belum kamu bisa hubungi TIM DOA KAMI yang akan membimbingmu untuk mengenal Yesus Kristus secara pribadi. Klik di sini

Sumber : JC Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami