#FaktaAlkitab: Terbongkar! Rupanya Lokasi Ini Jadi Tempat Yesus Naik Ke Surga

#FaktaAlkitab: Terbongkar! Rupanya Lokasi Ini Jadi Tempat Yesus Naik Ke Surga

Lori Official Writer
350

Menurut kamu lokasi tempat Yesus naik ke surga terletak dimana ya? Apakah di Golgota, Bukit Zaitun, atau di Samaria?

 

Sejarah

Setelah bangkit, Yesus menunjukkan diri-Nya kepada para murid, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan bahwa Ia hidup. Yesus berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah. Kemudian di depan murid-muridNya Yesus Kristus terangkat naik ke langit dan kemudian hilang dari pandangan setelah tertutup awan. tercatat dalam Markus 16:19, Lukas 24:51 dan Kis. 1:9. 

Kronologis kenaikan Yesus ke sorga terjadi sesudah empat puluh hari pasca kebangkitan-Nya dan sepuluh hari sebelum dicurahkannya Roh Kudus kepada para rasul di Yerusalem, yang dikenal dengan hari Pentakosta.

 

Pesan Terakhir Sebelum Yesus Terangkat

Seperti yang tertulis dalam injil Markus, sebelum terangkat ke surga Yesus memberikan mandat kepada murid-murid-Nya untuk memberitakan injil ke seluruh mahluk. Yesus dengan terang memberi kuasa dan mandat kepada murid-murid-Nya untuk mengerjakan hal itu. Ia menjamin bahwa setiap orang yang akan mendengar, mengaku percaya dan mau dibaptis akan selamat (Markus 16: 15-16). 

Ketika Yesus terangkat ke surga, murid-murid mengamatinya dengan cermat dan tiba-tiba munculah dua malaikat yang menyampaikan kepada mereka pesan dari Allah bahwa Yesus yang terangkat ke sorga akan kembali dengan cara yang sama seperti yang murid lihat saat Ia naik (Kis. 1:10-11). Hal ini juga sesuai dengan yang disampaikan Yesus dalam Yohanes 14:1-3.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Dimanakah Lokasi Taman Eden yang Sebenarnya?

 

Yesus Terangkat pada Siang Hari

Kisah Para Rasul 1:9 berkata, “Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.” 

Apabila Yesus terangkat pada malam hari, tentu awan tidak akan terlihat dengan jelas, sehingga penceritaan kenaikan Yesus di Kisah Para Rasul pasti tidak sedetail itu, di mana disebutkan “awan menutup pandangan mereka”

Dari informasi ini, kita bisa perhatikan bahwa peristiwa kenaikan Yesus ke sorga terjadi pada siang hari, di mana semua orang bisa melihat peristiwa tersebut, sehingga tingkat kesilapannya sangat rendah. 

Apabila peristiwa tersebut terjadi pada malam hari, maka hal itu akan menyulitkan para saksi mata untuk memberi kesaksian karena minimnya pencahayaan. 

 

Lokasi Kenaikan Yesus 

Kisah Para Rasul 1:12 mencatat, “Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem.” 

 

Baca Juga: Disebut Bukit Tengkorak, Golgota Juga Calvary, Ini Fakta Alkitab Soal Tempat Yesus Disalib

 

Di sana dicatat bahwa ketika Yesus terangkat ke sorga, kejadian tersebut terjadi di sebuah bukit yang dinamakan Bukit Zaitun, yaitu sebuah bukit yang jaraknya tidak jauh dari Yerusalem. 

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami