Jika Mata Jahat, Gelaplah Seluruh Tubuh

Jika Mata Jahat, Gelaplah Seluruh Tubuh

Lori Official Writer
      788

Matius 6:22-23

Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 14; Galatia 3; 1 Raja-Raja 9-10

Ada ungkapan bahasa Inggris yang bilang ‘Love at first sight’. Yang diartikan dengan ‘Cinta pada pandangan pertama’. Ungkapan ini menggambarkan pentingnya peran mata dalam urusan cinta.

Walaupun penampilan fisik penting, tapi lewat pandangan mata pun seseorang bisa jatuh cinta. Bukan hanya dalam urusan asmara, tapi mata juga punya peran yang sangat penting dalam hidup kita. Mata bahkan bisa menyesatkan kita, seperti halnya ketika kita menggunakannya untuk menonton pornografi, mengintip atau melihat hal-hal yang tidak baik. 

Tuhan mengingatkan dengan tegas supaya kita benar-benar menyaring apapun yang kita lihat. 

Dari ayat renungan hari ini, Yesus dengan keras mengingatkan bahaya mata jika tidak dijaga. Katanya, “Jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.” (Matius 6: 23)

Jadi apa yang kita lihat setiap hari? Kalau kita melihat hal-hal yang jahat, cemar, dan tidak kudus, maka kita akan tercemar. Kalau hati kita tercemar, maka pikiran, perbuatan dan sikap kita tercemar. 

 

Baca Juga: Ratapan di Malam Hari, Sukacita di Pagi Hari

 

Darah Kristus memang sudah menguduskan seluruh hidup kita. Tapi sebagai manusia, kita terus berjuang melawan kedagingan dan mata adalah salah satu bagian tubuh yang harus selalu kita jaga.  

Kita perlu menjaga mata kita dari hal-hal yang jahat. Karena jika tidak, seluruh tubuh kita akan tercemar. Jika hidup kita tercemar, Tuhan tidak akan memakai hidup kita untuk melakukan hal-hal yang mulia. 

Paulus berkata, “Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah,” (2 Korintus 7:1). 

Lewat firman-Nya, Tuhan mau kita menjaga setiap anggota tubuh kita dengan cermat. Mata adalah salah satu dari anggota tubuh kita yang bisa jadi pintu masuknya berbagai dosa. Jangan biarkan hidupmu dikuasai kegelapan. Tapi tanggalkanlah perbuatan-perbuatan kegelapan dan kenakanlah perlengkapan senjata terang (Roma 13: 12).

 

Hak cipta Abbalove Ministries, disadur oleh Jawaban.com

 


Kamu diberkati dengan renungan harian kami? Mari dukung kami untuk terus memberkati lebih banyak orang melalui konten-konten terbaik di website ini.

Yuk bergabung jadi mitra Jawaban.com hari ini.

 

DAFTAR DI SINI

Ikuti Kami