Tidak Peduli Bagaimanapun Keadaannya, Saya Akan Tetap Berdoa
Kalangan Sendiri

Tidak Peduli Bagaimanapun Keadaannya, Saya Akan Tetap Berdoa

Claudia Jessica Official Writer
      2590

Yohanes 17:22-23

Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

 

Bacaan Alkitab setahun: Amsal 13; Galatia 2; 1 Raja-Raja 7-8

Saya terlambat berdoa. Jika saja aku tahu lebih cepat, mungkin segalanya akan berbeda. Aku berdiri menatap peti mati sahabatku terkasih. Seorang saudara perempuan, seseorang yang sangat kurindukan. Jadi, ketika Tuhan memberkatiku untuk menjadi temannya, aku menggenggam tangannya dengan erat.

Suatu pagi, ibuku menelpon dan menanyakan apakah aku mendengar kabar dari Lisa? Aku tidak mendengar kabarnya, namun kami telah berbicara beberapa minggu sebelumnya.

“Lisa sudah meninggal,” kata ibu. “Tersengat listrik di bak mandi.”

Aku menutup telepon dan tidak ingat apa yang terjadi selanjutnya. Aku mendapati diriku menatap peti matinya dan melihat jasad Lisa menggenggam Alkitab di tangannya. Sama seperti dalam hidup, dia memeluk Kristus erat-erat. Hanya saja sekarang dia sudah meninggal.

Jika aku tahu kalau Lisa memiliki masalah dengan suaminya, aku akan berdoa untuk keselamatannya. Hatiku hancur saat kesepian melandaku. Kristus telah menyatukan kami sebagai teman dan sekarang kami dipisahkan oleh kematian.

Lisa dan aku berdoa bersama, membicarakan segalanya. Dan tidak sekalipun dia menyebutkan rasa takut pada suaminya atau bahwa suaminya akan mencoba menyakitinya. Aku tidak yakin dia tahu kemungkinannya. Dia akan bertanya bagaimana kabarku, namun dia tetap diam tentang hidupnya sendiri.

Aku merasa sangat tidak berdaya, tercabik-cabik. Aku bisa saja berdoa dan pasti akan melakukannya, jika aku tahu. Tuhan mungkin telah menyelamatkannya dan mengubah keadaannya. Aku tidak tahu. Tapi Yesus tahu.

Aku merasa terhibur dengan kenyataan bahwa, sama seperti Yesus berdoa untuk kita saat itu, Dia berdoa untuk kita sekarang. Jauh sebelum kelahiran aku, Dia berlutut dan memohon agar aku mengenal Bapa sebagaimana Dia mengenal Bapa. Kristus berdoa untukku seperti tidak ada orang lain yang pernah berdoa. Dia meminta agar aku dibawa kepada-Nya dan dipersatukan dalam kasih-Nya. Dia ingin aku memiliki kedamaian dan kepastian bahwa Dia akan mati untuk itu. Dia berdoa hal yang sama untuk Lisa.

Butuh waktu bertahun-tahun bagiku untuk mempelajari rahasia doa bukan dalam kata-kata tetapi dalam kemurnian hati kita. Bahwa ketulusan jiwa, iman naif yang percaya bahwa kita dapat mengenal Tuhan dan bahwa Tuhan mengenal kita. Bahwa Dia mencari kita dan menginginkan kehadiran kita bersama-Nya.

Kristus memohon kepada Bapa bahwa aku akan mengetahui kesatuan kehadiran-Nya dalam hidupku dan Dia mengucapkan kata-kata itu dengan kemurnian hati yang sama dan “iman Bapa,” percaya bahwa melalui pencobaanku, aku akan merespon.

Sungguh karunia yang luar biasa yang Kristus ingin kumiliki, kesatuan yang tak terpisahkan dengan Bapa. Tidak ada yang pernah menginginkan lebih untukku.

Yesaya 64: 4 “Tidak ada telinga yang mendengar, dan tidak ada mata yang melihat seorang allah yang bertindak bagi orang yang menanti-nantikan dia; hanya Engkau yang berbuat demikian.”

Dalam kematiannya, Lisa berpegang teguh pada firman-Nya. Seperti Kristus yang menempel di salib. Seperti aku berpegang teguh pada harapanku akan melihat temanku lagi dan harapan bahwa aku dapat mengenal Bapa seperti Kristus mengenal Dia.

Tidakkah kamu akan mencari Dia yang mengulurkan tangan dari salib kepadamu? Biarkan kasih-Nya memenuhi hatimu. Pegang erat kesatuan yang ditemukan di dalam Dia melalui Bapa dan melalui kasih yang kita bagikan satu sama lain. Dia telah menyediakan cara untuk mengenal Dia.

Kita hanya perlu berdiri di bawah bayang-bayang salib.

Hak Cipta © Cindy K. Sproles, digunakan dengan izin.

Ikuti Kami