Misteri Dibalik Angka 40 yang Sering Disebut dalam Alkitab
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 9 June 2021

Kalangan Sendiri

Misteri Dibalik Angka 40 yang Sering Disebut dalam Alkitab

Claudia Jessica Official Writer
12389

Angka atau bilangan sering digunakan dalam Alkitab sebagai lambang atau memiliki arti teologis. Salah satunya angka “40”. Penyebutan angka ini sering ditemukan, seperti hujan empat puluh hari, empat puluh tahun bangsa Israel di padang gurun, serta peristiwa-peristiwa lainnya terkait dengan angka ini.

Lalu, apakah angka 40 merupakan angka hukuman, atau justru memiliki makna keberuntungan?

Jika kamu lebih suka menonton, saksikan Fakta Alkitab - Misteri Angka 40 dengan klik di sini.

Arti 40

Angka "Empat Puluh" yang dalam bahasa Ibrani di sebut Arba’im (אַרְבָּעִים) dan Tessarakonta (τεσσαράκοντα) dalam bahasa Yunani, yang dalam Alkitab adalah simbol percobaan, ujian, pemurnian, akhir dari kemenangan atau penghakiman. Di dalamnya, angka 40 sering digunakan untuk menunjukan periode waktu tertentu, seperti 40 hari atau 40 tahun.

Alkitab mencatat 5 peristiwa terbesar yang menggunakan angka 40 didalamnya. Apakah kalian tahu peristiwa-peristiwa ini?

1. 40 Hari Masa Merempahi Mayat (Kejadian 50:3)

Peristiwa dalam kejadian ini mengisahkan tentang kematian Yakub di Mesir, yang mayatnya diempah-rempahi. Dibutuhkan waktu empat puluh dari dalam proses merempahi mayat Yakub yang dilakukan dengan cermat oleh para tabib terbaik Mesir. Tujuannya adalah agar mayat Yakub tidak mengurai dalam perjalanan panjang dari Mesir menuju lokasi pemakanan di Gua Makhpela Hebron. Mumi-mumi Mesir yang terpelihara selama berabad-abad merupakan saksi bisu tentang betapa efisiennya pekerjaan merempah-rempahi ini.

2. 40 Hari Pengintaian di Tanah Kanaan (Bilangan 13:25)

Dalam ayat ini angka "empat puluh" merupakan lambang ketelitian. Dua belas pengintai diperintahkan Musa untuk mengintai tanah Kanaan yang akan mereka masuki. Masing-masing pengintai mewakili 12 suku Israel. Selama empat puluh hari lamanya, para pengintai mengamati dengan teliti dan penuh cermat wilayah Kanaan, dari Negeb hingga perbatasan Hamat. Sesudah itu, mereka kembali dan melaporkannya kepada Musa.

3. 40 Hari Yesus menampakan diri setelah bangkit (Kisah Para Rasul 1:3)

Salah satu sejarah pelayanan Yesus yang paling signifikan adalah 40 hari setelah kebangkitan-Nya dari kematian. Dia melakukan perjalanan dan berbicara ke banyak orang di daerah-daerah yang pernah dilayaniNya, dan ribuan orang menyaksikan pemulihan di tubuh-Nya. Selama 40 hari Yesus menunjukkan kepada dunia bahwa Ia hidup kembali.

BACA JUGA: Misteri Kain Kafan Yesus Terungkap Melalui Foto Ini. Benarkah Ini Milik Yesus Kristus?

4. Hujan 40 Hari 40 Malam (Kejadian 7:12)

Ayat ini terjadi di masa Nuh dimana hujan turun tanpa reda selama empat puluh hari empat puluh malam lamanya, dan ini berlangsung di seluruh bumi secara serentak bukan seperti yang sering terjadi (hanya pada satu wilayah saja). Hal ini sesuai dengan janji Tuhan dalam Kejadian 7: 4, bahwa Ia akan menurunkan hujan ke atas bumi empat puluh hari empat puluh malam lamanya.

Selain hujan selama empat puluh hari empat puluh malam, dalam kisah ini Alkitab juga mencatat bahwa empat puluh hari lamanya air bah meliputi bumi (Kejadian 7:17).

5. 40 tahun dan korelasi dengan hidup Musa

 

Baca halaman selanjutnya -->

5. 40 tahun dan korelasi dengan hidup Musa

Agama monoteistik Yahudi dan Kristen menganggap Musa adalah "nabi pertama" sebab dia yang menulis kitab-kitab pertama, yaitu Kitab Taurat. Angka "Empat Puluh" lekat dengan kehidupan Musa. Tidak ada orang lain yang memiliki fase hidup yang begitu lengkap seperti Musa. Ia melewatkan masa 40 hari, 40 malam di atas Gunung Sinai. Dan bukan kebetulan ada korelasi 40 hari dan 40 tahun itu merujuk kepada umur atau kehidupan Musa.

Kehidupan Musa dibagi atas tiga periode yang masing-masing terdiri dari 40 tahun, dalam total kehidupannya yang berumur 120 tahun, yaitu:

       Fase pertama: Masa bayi, pertumbuhan, sampai dewasa, selama 40 tahun di Mesir dan menjadi "the prince of Egypt," sebab ia diambil sebagai anak bagi putri Firaun dan menempati urutan kedua dalam pewaris tahta Mesir.

       Fase kedua: Selama 40 tahun Musa dalam pelarian dan tinggal luar tanah Mesir, di tanah Nod, di Midian dan lain-lain sehingga kita mendapatkan detail nama-nama tempat/wilayah di sepanjang Kitab Kejadian. Pada fase ini Musa menjalani kehidupan sebagai orang biasa, seorang pengembara dan memahami banyak hal diluar pengalaman masa lalunya sebagai bangsawan.

       Fase ketiga: Adalah Masa 40 tahun perjalanan keluar dari Mesir (Exodus) di padang gurun dimana Musa menjadi pemimpin bagi bangsa Israel sekaligus sebagai Nabi Allah. Musa wafat di usianya yang ke-120 tahun (Ulangan 34:7)

Selain kelima peristiwa di atas, masih ada banyak lagi peristiwa di dalam alkitab yang menggunakan angka 40.

 

Angka dalam Alkitab dan Numerologi

Apakah angka dalam Alkitab memiliki arti? Apakah Numerologi ada dalam Alkitab? Dalam Alkitab, angka kadang digunakan untuk melambangkan sesuatu. Untuk tahu apakah angka tertentu dipakai sebagai lambang, maka harus melihat konteksnya.

Sementara itu Numerologi adalah keyakinan apapun dalam hubungan ilahi dan mistik antar angka dan suatu peristiwa.

Angka simbolis dalam Alkitab bukan numerologi. Dalam numerologi, angka-angka, kombinasinya, dan jumlahnya dipercaya memiliki arti gaib. Misalnya, dengan sebuah metode numerologi yang disebut gematria, para Kabalis Yahudi berupaya memecahkan makna tersembunyi dalam Kitab-kitab Ibrani dengan menetapkan dan menghitung nilai numerik setiap huruf. Namun Alkitab begitu jelas menentang Numerologi yang merupakan bagian dari ilmu gaib, dan bahkan aktivitasnya di kutuk Allah (Ulangan 18: 10-12).

Alkitab menggunakan angka 40 untuk menekankan kebenaran rohani. Ada beberapa orang yang terlalu mendalami ilmu bilangan, dengan berusaha mencari makna di balik tiap angka dalam Alkitab. Sebuah angka seringkali di dalam Alkitab hanyalah angka, begitu halnya dengan angka 40. Allah tidak menyuruh kita mencari makna tersembunyi, atau apapun di balik bilangan.

Ada cukup banyak kebenaran yang dinyatakan secara sederhana dalam Alkitab untuk memenuhi semua kebutuhan kita dan membuat kita diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik (2 Timotius 3: 17).

Demikianlah Fakta Alkitab mengenai Angka 40

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Membongkar Misteri Dibalik Pembuatan Bahtera Nuh dan Datangnya Air Bah

Sumber : jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami