Misteri Dibalik Angka 40 yang Sering Disebut dalam Alkitab

Misteri Dibalik Angka 40 yang Sering Disebut dalam Alkitab

Claudia Jessica Official Writer
616

Angka atau bilangan sering digunakan dalam Alkitab sebagai lambang atau memiliki arti teologis. Salah satunya angka “40”. Penyebutan angka ini sering ditemukan, seperti hujan empat puluh hari, empat puluh tahun bangsa Israel di padang gurun, serta peristiwa-peristiwa lainnya terkait dengan angka ini.

Lalu, apakah angka 40 merupakan angka hukuman, atau justru memiliki makna keberuntungan?

Jika kamu lebih suka menonton, saksikan Fakta Alkitab - Misteri Angka 40 dengan klik di sini.

Arti 40

Angka "Empat Puluh" yang dalam bahasa Ibrani di sebut Arba’im (אַרְבָּעִים) dan Tessarakonta (τεσσαράκοντα) dalam bahasa Yunani, yang dalam Alkitab adalah simbol percobaan, ujian, pemurnian, akhir dari kemenangan atau penghakiman. Di dalamnya, angka 40 sering digunakan untuk menunjukan periode waktu tertentu, seperti 40 hari atau 40 tahun.

Alkitab mencatat 5 peristiwa terbesar yang menggunakan angka 40 didalamnya. Apakah kalian tahu peristiwa-peristiwa ini?

1. 40 Hari Masa Merempahi Mayat (Kejadian 50:3)

Peristiwa dalam kejadian ini mengisahkan tentang kematian Yakub di Mesir, yang mayatnya diempah-rempahi. Dibutuhkan waktu empat puluh dari dalam proses merempahi mayat Yakub yang dilakukan dengan cermat oleh para tabib terbaik Mesir. Tujuannya adalah agar mayat Yakub tidak mengurai dalam perjalanan panjang dari Mesir menuju lokasi pemakanan di Gua Makhpela Hebron. Mumi-mumi Mesir yang terpelihara selama berabad-abad merupakan saksi bisu tentang betapa efisiennya pekerjaan merempah-rempahi ini.

2. 40 Hari Pengintaian di Tanah Kanaan (Bilangan 13:25)

Dalam ayat ini angka "empat puluh" merupakan lambang ketelitian. Dua belas pengintai diperintahkan Musa untuk mengintai tanah Kanaan yang akan mereka masuki. Masing-masing pengintai mewakili 12 suku Israel. Selama empat puluh hari lamanya, para pengintai mengamati dengan teliti dan penuh cermat wilayah Kanaan, dari Negeb hingga perbatasan Hamat. Sesudah itu, mereka kembali dan melaporkannya kepada Musa.

3. 40 Hari Yesus menampakan diri setelah bangkit (Kisah Para Rasul 1:3)

Salah satu sejarah pelayanan Yesus yang paling signifikan adalah 40 hari setelah kebangkitan-Nya dari kematian. Dia melakukan perjalanan dan berbicara ke banyak orang di daerah-daerah yang pernah dilayaniNya, dan ribuan orang menyaksikan pemulihan di tubuh-Nya. Selama 40 hari Yesus menunjukkan kepada dunia bahwa Ia hidup kembali.

BACA JUGA: Misteri Kain Kafan Yesus Terungkap Melalui Foto Ini. Benarkah Ini Milik Yesus Kristus?

4. Hujan 40 Hari 40 Malam (Kejadian 7:12)

Ayat ini terjadi di masa Nuh dimana hujan turun tanpa reda selama empat puluh hari empat puluh malam lamanya, dan ini berlangsung di seluruh bumi secara serentak bukan seperti yang sering terjadi (hanya pada satu wilayah saja). Hal ini sesuai dengan janji Tuhan dalam Kejadian 7: 4, bahwa Ia akan menurunkan hujan ke atas bumi empat puluh hari empat puluh malam lamanya.

Selain hujan selama empat puluh hari empat puluh malam, dalam kisah ini Alkitab juga mencatat bahwa empat puluh hari lamanya air bah meliputi bumi (Kejadian 7:17).

5. 40 tahun dan korelasi dengan hidup Musa

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami