Kebetulan atau Tidak, 10 Film Ini Memiliki Pesan Penginjilan. Ada Film Favorit Kamu? (1/2)

Kebetulan atau Tidak, 10 Film Ini Memiliki Pesan Penginjilan. Ada Film Favorit Kamu? (1/2)

Claudia Jessica Official Writer
2788

Berapa banyak film yang dapat kamu habiskan selama akhir pekan? Mungkin kamu adalah penikmat film yang mengetahui begitu banyak film. Mulai dari film terbaru sampai film yang sudah lawas.

Dari banyaknya film yang ada, terdapat banyak film yang tidak selaras dengan Firman Tuhan. Bahkan film yang ditujukan pada anak-anak pun ada yang memiliki nilai-nilai di luar dari konteks Firman Tuhan. Hal ini sering terjadi.

Namun, setiap film memiliki pesan dan tema tersendiri bahkan tersembunyi dan tidak disengaja. Beberapa film bahkan mengandung ‘alegori’ kebetulan. Berikut jawaban.com merangkum 10 film keluarga yang mengandung Injil secara disengaja maupun tidak disengaja:

 

1. Pilgrim's Progress

Salah satu fil yang berisi alegori yang jelas! Pilgrim's Progress, novel pertama karya John Bunyan pada tahun 1678, baru-baru ini dibuat menjadi film animasi yang disutradarai oleh Robert Fernandez.

Film berdurasi dua jam yang dibintangi oleh Kristyn Getty, David Thorpe dan nama-nama lain yang dikenal, penuturan ulang ini melakukan pekerjaan yang fenomenal untuk membawa pemirsa melalui perjalanan orang Kristen ketika ia berjalan di jalan untuk menjadi seorang yang beriman, menjalani kehidupan yang saleh dan mengatasi rintangan, menghadapi godaan, dan melihat kemenangan atas maut.

 

2. Star Wars

Star wars memiliki beberapa unsur yang menyinggung kebenaran Alkitab. Film asli yang ditayangkan pada 1977 ini kini telah dibeli oleh Disney. Tokoh didalamnya sering kali merujuk kepada ‘the Force’ yang memiliki peran sebagai sumber energi yang menyediakan daya atau kekuatan.

Pertempuran luar biasa antara kebaikan dan kejahatan lazim di Star Wars, dan cara karakter baik berinteraksi dengan the Force dapat mencerminkan bagaimana orang Kristen berinteraksi dengan Roh Kudus.


 

Baca juga: Film Tom Hanks ‘Greyhound’, Kisah Iman dan Perjuangan Getir Kapten Kapal Perang Dunia II

Film ‘Christ In You’ Beberkan Kebenaran Bahwa Tuhan Itu Pribadi yang Hidup Sampai Hari Ini


Namun, tidak seperti Roh Kudus, the Force bukanlah seseorang, tetapi sumber yang dapat digunakan untuk kebaikan atau kejahatan. Tetap harus diperhatikan bahwa orang tua harus melihat isi film lebih dulu sebelum menyaksikannya bersama anak-anak.

 

Baca halaman selanjutnya -->

3. The Lion, the Witch and the Wardrobe

Salah satu alegori terbaik sepanjang masa, novel CS Lewis, The Lion, the Witch & the Wardrobe diubah menjadi film pada 2005, segera setelah itu diikuti oleh judul-judul lain dalam Chronicles of Narnia.

Dalam film The Lion, the Witch & the Wardrobe, singa Aslan mewakili Yesus dan pengorbanannya yang besar dan menggerakkan atas nama Edmund mencerminkan kematian dan kebangkitan Kristus.

Tema lainnya termasuk pengampunan, mengatasi kecemburuan dan persaingan, dan mempertahankan iman juga ada di dalam film ini.

4. The Wizard of Oz

Diadaptasi menjadi film pada tahun 1939 setelah novel The Wonderful Wizard of Oz, film klasik ini mengandung unsur-unsur alegori yang mungkin tidak kamu sadari. Sepanjang jalan, Dorothy terus menyerukan keinginannya untuk kembali ke rumah. "Tidak ada tempat seperti di rumah," teriaknya.

Sama seperti Dorothy adalah orang asing di tanah Oz, kita sebagai orang Kristen adalah alien di Bumi ini, yang ditakdirkan untuk rumah abadi kita di Surga bersama Tuhan.

Yang membuatnya semakin menarik adalah melihat bagaimana semua karakter dan teman-teman Dorothy memiliki keberanian, hati dan kecerdasan tetapi mereka tidak menyadarinya. Mereka saling membutuhkan di dalam perjalannya di Yellow Brick Road untuk melawan kebohongan dan menemukan kebenaran.

Semua ini berhubungan dengan betapa pentingnya komunitas di kalangan orang Kristen.


Baca juga:

Red Sea Miracle II, Film Pembangun Iman tentang Kitab Keluaran

5. Beauty & The Beast

Beauty and the Beast mencerminkan hati pengorbanan ketika Belle menyerahkan kebebasannya, nyawanya, untuk ayahnya agar dapat tinggal bersama binatang buas di kastilnya yang gelap.

Film ini menceritakan tentang kerendahan hati dan pengorbanan untuk orang lain. Mencerminkan tentang pesan salib dan bagaimana Yesus mati di tempat kita. Tapi tidak seperti ayah Belle, kita bukanlah orang tidak bersalah atau korban.


Baca juga: Kebetulan atau Tidak, 10 Film Ini Memiliki Pesan Penginjilan. Ada Film Favorit Kamu? (2/2)


Sebagai orang berdosa, kita pantas dihukum mati. Tetapi karena kasih Allah yang besar kepada kita, Yesus mengambil hukuman kita dan membayarnya sendiri.

 

Itulah 5 film klasik pertama yang memiliki pesan penginjilan di dalamnya. Tunggu 5 film kelanjutannya di artikel berikutnya ya.

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami