Gaza, Wilayah Israel atau Palestina?
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 8 October 2023

Kalangan Sendiri

Gaza, Wilayah Israel atau Palestina?

Claudia Jessica Official Writer
12007

Tahukah kamu bahwa ada 22 ayat dalam Alkitab yang menyebut nama Gaza atau kota Gaza. Kira-kira di masa modern saat ini Gaza terletak di mana ya? Apakah masuk dalam wilayah Israel, atau di luar Israel?  Lalu bagaimana ceritanya hingga nama tersebut terkenal dengan sebutan wilayah atau jalur Gaza?

 

Gaza bagian dari Bangsa Filistin

Wilayah Gaza tidak bisa dipisahkan dari bangsa Filistin. Kisah bangsa Filistin tercatat dalam Alkitab dan dikenal sebagai musuh orang-orang Israel pada zaman dahulu. Meski nama bangsa Filistin memiliki kemiripan dengan Palestina, namun ternyata orang-orang Filistin sangat jauh berbeda dengan Palestina. Sebab, para ilmuwan menemukan bahwa nenek moyang orang-orang Filistin ternyata berasal dari bangsa Eropa, bukan bangsa Arab.

Fakta tersebut diketahui setelah peneliti gabungan dari beberapa negara menganalisis DNA kuno yang ada dari 10 jasad di situs kuburan arkeologikal Filistin. Salah satunya Choongwon Jeong, ahli arkeogenetika dari Max Planck Institute of the Science of Human History di Jena, Jerman. Sepuluh jasad yang diteliti mereka ternyata berasal dari Yunani, Sardinia, dan Iberia, wilayah Spanyol dan Portugal saat ini.

Temuan ini menegaskan pernyataan bahwa pada awal Zaman Besi, orang-orang Filistin bukan penduduk lokal, melainkan migran yang diyakini bermula dari Eropa Selatan. Pada waktu itu, sekitar abad ke-12 Sebelum Masehi, banyak kerajaan yang runtuh di Eropa sehingga orang-orang Filistin bermigrasi ke Levant atau wilayah Mediterania Timur.

 

Gaza 1 dari 5 kota besar di Filistin

Gaza adalah sebuah kota Kanaan kuno yang terletak paling barat daya. Dalam Alkitab, nama Gaza muncul pertama kali dalam Kejadian 10: 19, penduduknya disebut orang Gaza (Yos 13: 3, dan Hak 16: 2). Wilayah Gaza sendiri terletak di batas selatan Kanaan di bagian pantai (Kej 10: 19). Kota ini menjadi 1 dari 5 kota besar yang ada di Filistin, selain Askelon, Asdod, Ekron, dan Gat (Yos. 13: 3). Lima kota ini disebut Pentapolis dari orang-orang Filistin.

 

Baca juga: Wah, Ditemukan Benda Bersejarah Simbol Kristus Di Perbatasan Gaza

 

Sempat menjadi wilayah suku Yehuda

Sewaktu orang Israel memasuki Tanah Perjanjian, kota Gaza dikuasai orang Filistin dan ada beberapa orang Anakim di antara penduduknya. Yosua yang memimpin Israel saat menaklukan kota ini masih menemukan orang Enak tinggal disana. Alkitab menggambarkan bahwa orang Enak adalah orang dengan perawakan tubuh raksasa.

Meskipun Yosua memimpin aksi militer Israel sampai ke Gaza, kota itu tampaknya tidak direbut dan tetap milik orang Filistin. Beberapa orang Anakim juga tetap tinggal di sana. (Yos 10:41; 11:22; 13:2-3).

Gaza kemudian ditaklukan oleh Suku Yehuda yang kemudian wilayahnya diduduki suku ini (Yos 15:20 & 47). Pada zaman Simson, Gaza kembali masuk ke dalam wilayah Bangsa Filistin. Gaza menjadi kota berbenteng orang Filistin, dengan sebuah “rumah” untuk memuja dewa Dagon yang di atas atapnya dapat memuat kira-kira 3.000 orang (Hakim Hakim 16: 27).

Hakim Simson bergaul dengan seorang pelacur dari Gaza karena kekuasaan Israel atas Gaza hilang pada masa itu. Orang Filistin ternyata menawan Simson dan memenjarakan dia di sana. Simson lalu merobohkan tiang-tiang penyangga gedung dan membunuh banyak dari antara mereka (Hak 16: 21-31).

 

Gaza dalam masa ke masa

 

Baca di halaman selanjutnya -->

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami