Gaza, Wilayah Israel atau Palestina?
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 8 October 2023

Kalangan Sendiri

Gaza, Wilayah Israel atau Palestina?

Claudia Jessica Official Writer
11902

Gaza dalam masa ke masa

Kota Gaza yang dihuni sejak abad ke-15 SM terus mengalami perubahan dalam sejarah. Gaza menjadi salah satu kota tertua di dunia. Letaknya pada jalur utama pantai Laut Tengah (Via Maris) antara Afrika Utara dan Mesopotamia, menjadikannya kota kunci dan tempat perhentian penting untuk perdagangan rempah-rempah ke Laut Merah.

Para penguasa silih berganti memerintah di wilayah tersebut dan disertai pengaruh budaya yang berbeda-beda. Gaza didominasi oleh beberapa suku bangsa dan kekaisaran yang berbeda sepanjang sejarahnya.

Di bawah kekuasaan Romawi kemudian Bizantium, Gaza mengalami perdamaian dan pelabuhannya berkembang. Pada tahun 635 Masehi, kota tersebut menjadi kota pertama di Palestina yang ditaklukan oleh pasukan Rasyidin di tahun 635 Masehi. Pada tahun 1516 Gaza dimasukkan ke dalam kekuasaan Kekaisaran Utsmaniyah.

Dalam Perang Dunia 1, Inggris yang memimpin tentara sekutu berhasil menguasai kota ini setelah “Pertempuran Gaza ketiga” pada tahun 1917. Setelah perang, Gaza dimasukkan ke dalam wilayah "British Mandate of Palestine". Pada tahun 1930-an dan 1940-an, Gaza mengalami perkembangan besar dengan dibangunnya daerah-daerah pemukiman baru di sepanjang pantai dan dataran selatan maupun timur.

Gaza diduduki oleh Israel selama “Perang Enam Hari” pada tahun 1967 setelah mengalahkan tentara Mesir. Pada bulan September 1993, pemimpin-pemimpin Israel dan Palestine Liberation Organization (PLO) menandatangani perjanjian Oslo Accords. Perjanjian itu menghasilkan pemerintahan Palestina di “Jalur Gaza” (Gaza Strip) dan kota Yerikho di “Tepi Barat”.

 

Baca juga: Pertama Kalinya, Kristen Gaza Boleh Kunjungi Tempat Ini Saat Paskah

 

Jalur Gaza

Jalur Gaza adalah sebuah kawasan yang terletak di pantai timur Laut Tengah, yang masuk dalam bagian dari wilayah Negara Palestina. Wilayah Palestina sendiri terdiri dari dua bagian, Tepi Barat dan Jalur Gaza. Masing-masing dikuasai faksi politik yang berbeda: Fatah di Tepi Barat, dan Hamas di Jalur Gaza.

Jalur Gaza berbatasan dengan Mesir di sebelah barat daya, dan Israel di sebelah timur dan utara. Jalur Gaza memiliki panjang sekitar 41 kilometer dan lebar antara 6-12 kilometer, dengan luas total 365 km².

Demikian Fakta Alkitab mengenai kota Gaza yang banyak disebutkan dalam Alkitab, yang kini lebih banyak dikenal dengan Jalur Gaza.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami